Rabu, 22 Februari 2017

JT 220217 : Cai Mep Terima Kapal Gede Pertama

Kategori kapal gede dewasa ini udah berbeda dengan beberapa tahun lalu dn di beberapa negara sangat berbeda kemampuannya. Untuk negeri semata wayang yang sering dibandingkan dengan republik ini, Vietnam termasuk yang menonjol.

Menonjol dari sisi pertumbuhan ekonominya dan pembangunan infrastrukturnya. Gitu. Lagi pula, Vietnam termasuk negara yang paling diminati investor di kelompok negara Asia Tenggara (ASEAN). Artinya mudah birokrasinya dan cukup cepat prosesnya.

Gak heran juga, akhirnya Maersk memasukkan salah satu kapal gedenya yakni Margrethe Maersk (salah satu kapal dari tipe Triple-E) dengan kapasitas muat 18.300 TEUs, ke Cai Mep International Terminal (CMIT) dan menjadi kapal container terbesar pertama yang merapat di Vietnam.

Kapal ini akan membawa kargo produksi Vietnam langsung ekspor ke negara2 Eropa, yang secara otomatis memotong biaya feeder sekitar 10-20 persen dan memangkas waktu tempuh (transit time) 1 hari.

Media cetak setempat, Giai Phong Daily yang berbasis di Saigon, menuliskan usulan pertama kali Cai Mep bisa menerima kapal berkapasitas gede sejak September 2015 lalu karena menunggu persetujuan Menteri Perhubungan Vietnam.

Kini, setelah berhitung seksama dan potensi udah cukup, Maersk memulai aksi memasukkan kapal kelas Triple-E ke Cai Mep. Kalangan pengusaha Vietnam semakin yakin prospek ekspor negerinya bakal lebih kompetitif bila diyakini kunjungan kapal langsung bisa berlanjut.

Direktur Jenderal CMIT Robert Hambleton berkeyakinan dengan kemampuan Cai Mep meng-handle kapal Margrethe Maersk akan menambah keyakinan investor masuk Vietnam dan pelabuhan ini layak menjadi salah satu komplek industri terpadu yang ada di Vietnam.

Tooooop.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar