Selasa, 21 Februari 2017

JT 210217 : HMM Beli Terminal Di Tokyo + Kaohsiung Ex Hanjin

Serem juga ya. Aset eks pelayaran yang bangkrut Hanjin Shipping (HJS) kini tercabik-cabik dan tersebar entah kemana. Ketahuan sih sebagian besar tapi sisanya pasti sulit ketebak, terutama menyangkut unit kontainernya he he he.

Yang bisa dilego hanya asset nyata seperti kapal dan terminal kontainer aja nih kelihatannya. SDM sebagian besar kabarnya udah ditarik salah satu pelayaran yang ngebutuhin tenaga orang pelayaran. Wes jozz iku.

Ngomong2 tentang peninggalan ex Hanjin Shipping, rupanya terminal kontainer yang pernah dimiliki tempo dulu oleh Hanjin, kini dibeli oleh pelayaran pesaing rekan senegaranya yang mulai tambah beringas menyapu pasar, Hyundai Mercant Marine (HMM).

Kabarnya, HMM mengakuisisi terminal kontainer di Tokyo (TYO) dan Kaohsiung (KHH) senilai KRW 15 milyar (= USD 13,15 juta), dari sang pemilik lama, Hanjin Shipping. Investasi di TYO termasuk lahan sewa Aomi Container Terminal, dengan kapasitas 500.000 TEUs per tahun.

Yang cukup gede kapasitasnya yakni terminal kontainer Kaohsiung yang memiliki thruput volume 1,5 juta TEUs per tahun. Semasa jayanya, Hanjin memiliki 20-an terminal kontainer dengan volume per tahunnya mencapai 22,4 juta (itu sebelum bangkrut loh ya).

Sekarang asetnya dilego abiz-abizan deh buat nutup hutang2nya. Bagi HMM ini merupakan peluang bagus untuk membeli asset ex Hanjin dengan harga kompetitif, ketimbang beli ato bikin baru. Khan pasti hitungannya mahal bingitz.

Selain terminal di TYO dan KHH, HMM juga udah mengoleksi yang berlokasi di Long Beach, Amrik – Pier T serta membeli saham terminal di pelabuhan Algeciras yakni Total Terminals Algeciras. Gak tanggung2, dibeli 100 persen !

Nah, dengan agresifitas seperti ini, apakah ini upaya HMM untuk bisa dipercaya kembali oleh anggota sekaligus pendiri aliansi strategis 2M (Maersk Line dan MSC) ato memang merupakan aktifitas terpisah dari isu politis tadi !

Entahlah. Isu miring selalu ada dimana-mana dan kita kudu menyikapinya dengan baik dan jujur. Udah. Itu aja.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar