Sabtu, 06 Februari 2021

JT 060221 : MSC Siap Salip Maersk ?

 

Dalam hal apa dulu nih ? Kayak orang pacaran ya lagi PDKT ... Tapi untuk judul ini sepertinya lebih mengarah ke rivalitas antara 2 (dua) perusahaan pelayaran terbesar di dunia, untuk memperebutkan ranking nomor satu.

Saat ini, pelayaran nomor wahid masih ditempati Maersk dan diikuti Mediterranean Shipping Co. (MSC) sebagai runner up. Kebetulan keduanya bergabung di aliansi strategis yang sama : 2M.

Rupanya MSC punya ambisi kepengen jadi nomor satu dan gak tanggung2, kapal secondhand pun dengan cepat berpindah tangan kepemilikannya. Setidaknya ada 8 (delapan) unit kapal yang dibeli MSC dalam 3-4 pekan belakangan ini.

Menurut rumah riset Alphaliner, MSC membeli Westermoor (buatan tahun 2001, kapasitas 2.764 TEUs) dari pemilik kapal asal Jerman, Hans Peterson dan saat ini masih dalam masa sewa oleh pelayaran Hapag-Lloyd (H-L).

MSC juga mengakuisisi 2 (dua) kapal sekaligus karena merupakan sistership, yakni BF Osprey + BF Mahia (buatan tahun 2008, kapasitas 2.546 TEUs), dari sang pemilik asal Jerman juga, Foroohan dan saat ini tengah dipakai oleh ONE + MSC.

Selanjutnya, pihak MSC pun sudah membeli kapal Bomar Vanquish + Bomar Valour (2003, 1.683 TEUs) dari sang pengendali Borealis. Bomar Vanquish sekarang untungnya masih disewa MSC sedangkan Bomar Valour dioperasikan oleh Maersk.

Hitungan diatas sudah 5 kapal. Kemudian 3 kapal lainnya yang dibeli MSC, yakni Miro (1998, 1.730 TEUs), Spero (2002) dari sang pemilik Atlantica Shipping yang bermarkas di Oslo + Boundary (1996, 1.122 TEUs) milik Jebseb Shipping Partner. Demikian laporan yang disampaikan media Splash 247.

Data dari vesselsvalue.com menunjukkan bahwa selama tahun 2020, MSC membeli 20 unit kapal dan analis dari Sea-Intelligence memprediksi dalam waktu dekat MSC bisa melampaui Maersk.

Apakah Maersk bakal tersusul oleh MSC ato Maersk diam2 menyiapkan kejutan yang gak diketahui oleh publik ? Ato Maersk bakal melepas dominasi selama di ranking satu kepada MSC sementara Maersk melakukan optimalisasi aset untuk menyalip kembali di tahun2 berikutnya ?

Belum ada yang tahu. Kitaorang cuma menerka-nerka dan mari kita simak bersama-sama kelanjutan rivalitas kedua pelayaran diatas. Ada pula rujukan sebelumnya di JT 180121 : MSC Semakin Dekati Maersk.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : MarineTraffic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar