Senin, 16 Juli 2018

JT 160718 : COSCO Siap Jual Terminal Kontainer Ex OOCL


Cosco Shipping – pelayaran asal Tiongkok yang kini menjadi pemilik pelayaran OOCL juga – berencana ngejual terminal kontainer di Long Beach, Amrik milik OOCL sebelumnya.

Penjualan aset ini terkait regulasi yang ada di Amrik dan sepertinya mengacu kepada isu kepentingan nasional, sehingga walaupun Cosco membutuhkan perangkat ini tapi setelah ditimbang matang, pilih untuk dilepas aja.

Kejual ato ngga, bukan masalah saat ini bagi Cosco Shipping tetapi klo ngeliat thruput segede itu, siapa juga yang mo beli dan harga yang ditawarkan pastinya pake hitungan komersil lah.

Volume terminal Long Beach ex OOCL ini, setiap tahunnya rata2 menangani 7 juta TEUs dan Cosco memilih OOCL untuk diakuisisi karena memang mitra dalam aliansi Ocean Alliance, disamping OOCL diakui memiliki teknologi artificial intelligence (AI) yang dibutuhkan oleh pelayaran no 3 terbesar, setelah dilebur.

Sejumlah pelayaran besar sudah memiliki saham keterminalan, semisal MSC di Pier T, “K” Line di Pier G dan Cosco di Pier J serta OOCL di Pier F, artinya Cosco gak mo punya banyak2, lha wong udah punya.

Lantas siapa kira2 yang butuh terminal kontainer disini nih ? Kabar terkuat sih menilik kemampuan keuangan yakni anggota aliansi strategis 2M, Maersk Line. Tapi MSC udah punya loh di Pier T. Gak masalah ?

Biar mereka yang berpikir, kita cukup mengintip perkembangan yang ada deh. Piiiis.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : OOCL. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar