Jumat, 13 April 2018

JT 130418 : Prospek Industri Pelayaran 2018 + 2019 Oke


Dalam sebuah laporan tahunan terbaru yang diterbitkan oleh Drewry, tren industri pelayaran di tahun 2018 + 2019 kelihatannya ok. Pertumbuhan pasar bagus, tingkat harga relatif tinggi dan menguntungkan bagi pelayaran.

Walaupun harus diakui kekhawatiran masuknya kapal2 gede dengan skala yang boleh dibilang “waaaah” yakni kapasitas diatas 20.000 TEUs bakal membanjiri pasar. Secara umum pengoperasiannya gak jauh dari rute Asia – Eropa (AE) koq.

Yang bikin masalah biasanya, posisi kapal yang digantikan akan membanjiri pasar baru di area lain dan sedikit banyak mengguncang pasar. Laporan ini blon memasukkan unsur perseteruan antara Amrik dan Cina yang sedang bersitegang.

Dalam laporan yang diberi judul Container Forecaster, beruntungnya sejumlah pelabuhan besar dunia volumenya meningkat cukup pesat sehingga kekhawatiran terjadinya penurunan tarif akibat perang dagang, bisa diabaikan.

Ancaman detil di industri pelayaran secara jujur diakui sulit dijabarkan tetapi yang juga jadi perhatian adalah adanya produk barang2 teknologi tinggi (hi-tech) masih memilih diangkut via air freight ketimbang kapal laut.

Jadi, nikmatin aja dulu. Satu lagi yang mungkin blon terbahas, adanya konsolidasi di indsutri pelayaran (merger & akuisisi) akhirnya benar2 bisa mengontrol harga sehingga gak jatuh2 amit seperti dekade sebelumnya.

Asyiiiik deh. Lumayan agak bisa tenang he he he.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar