Minggu, 17 November 2019

JT 171119 : Raport HMM Q3 Masih Merah


Membuat keuntungan di industri pelayaran dalam beberapa tahun belakangan ini seperti menoreh tinta emas, jika betul2 bisa maujud. Gak semua bisa karena kompetisi sudah sangat luar biasa berbeda dibanding tahun2 sebelumnya.

Saat ini pelayaran sudah mengikat + terikat di aliansi strategis sehingga sulit untuk bisa keluar kecuali diakusisi oleh anggota aliansi itu sendiri. Bukan mustahil yang membeli diluar anggota aliansi tetapi pelayaran saat ini sudah mengerucut dan semakin sedikit kemungkinan membeli pelayaran ato merger skalipun.

Adalah Hyundai Merchant Marine (HMM) yang hingga awal tahun 2019 menjadi rebutan aliansi strategis dan yang paling butuh kebetulan THE Alliance. Saat ini HMM masih menempel di 2M dua nama besar di industri pelayaran, Maersk + MSC.

Di kuartal 3 (Q3 - 2019) HMM membukukan operating-loss KRW 46,6 Milyar (= USD 39,8 juta), boleh dibilang jauh membaik dibanding kinerja Q3 2018 yang merugi hingga KRW 123,1 Milyar (62 percent year-on-year improvement). Keren nih - jangan melulu dilihat minusnya.

Keberhasilan HMM disebut-sebut sebagai upaya2 pengurangan biaya, khususnya program tear-down (TDR) + redisain seluruh proses bisnis di penjualan, operasi hingga admin. Total revenue Q3 tumbuh 1,5 persen, hingga di angka KRW 1,44 Milyar walau tetap dihantui ketidakpastian di perdagangan global dan tingkat pelemahan harga.

Sayangnya gak ada catatan perolehan volume di setiap region tetapi pihak HMM stay-positive dengan beragam isu konflik dagang Amrik-RRCina, instabilitas di Timur Tengah/Hongkong serta Brexit. Q4 harus lebih baik apalagi menjelang persiapan Chinese New Year 2020.

Jangan lupa juga, tahun 2020 bagi HMM merupakan tahun kebangkitan. Setidaknya sejumlah kapal gede (ultra-large container vessels / ULCV) bakal mulai diserahkan dan bersiap bekerja bareng dengan THE Alliance, bukan lagi dengan 2M.

Mari kita plototin bersama, gebrakan apa nih yang mo disiapkan HMM maupun THE Alliance di tahun 2020 ...

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar