Minggu, 28 Oktober 2018

JT 281018 : Korea + Belanda Inisiasi Blockchain


Untuk pertama kali, setahu kita ‘loh ya, pihak manajemen Port of Rotterdam Authority dibantu Samsung SDS dan ABN Amro bakal merilis ujicoba pemanfaatan Blockchain di industri logistik berbasis kontainer. Yahuuud nih.

Bulan Januari-Februari 2019 mendatang, akan dilakukan ujicoba pengiriman kontainer mulai dari pabrik di Asia hingga penerima barang di Belanda serta melibatkan banyak pihak. Untuk itu akan dievaluasi kemudian.

Adapun tujuan implementasi Blockchain ini, menciptakan sebuah proses bisnis yang lengkap, secara fisik gak melibatkan kertas (paperless) dan secara administrasi gak ribet. Pokoknya dibuat semudah mungkin – itu teorinya.

Makanya dibuatlah ujicoba untuk mengukur seberapa sulit tantangan yang dihadapi. Menurut CFO Port of Rotterdam, Paul Smits pengiriman barang dari Cina ke Rotterdam melibatkan gak kurang dari 28 vendor. Hmm iya gitu ?

Pengembangan ujicoba diatas bakal dimonitor oleh BlockLab, sebuah institusi yang sengaja didirikan oleh manajemen Port of Rotterdam Authority. Dan program tersebut didukung sepenuhnya oleh  ABN AMRO commercial banking chief Daphne de Kluis dan juga pihak bozz Samsung SDS Eropa, Sanghun Lee.

Pokoknya para pihak yang terlibat di proyek ini antusias bingitz bahwa program yang terintegrasi dan melibatkan banyak pihak ini bakal sukses. Tinggal nanti mengukur seberapa sukses ujicoba ini diimplementasikan.

Jika ya, maka Blockchain bakal semakin diminati. Begitu pula bila kurang sukses masih akan banyak proses yang ditempuh untuk bisa menerima Blockchain sebagai sesuatu yang bisa mendobrak transaksi dalam dunia transaksi perdagangan yang sudah beroperasi saat ini.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar