Rabu, 08 Mei 2019

JT 080519 : Cosco Akuisisi 4 Pabrik Kontainer Singamas


Pabrik kontainer yang bermarkas di Hong Kong, Singamas Container Holdings bakal ngejual 4 (empat) pabrik pembuatan kontainernya ke pihak Cosco Shipping Financial Holdings, senilai USD 562 juta – demikian menurut media Splash 247.

Singamas merupakan afiliasi dari perusahaan pelayaran Singapura, Pacific International Lines (PIL) yang kini dipimpin oleh SS Teo selaku Chairman + CEO, menggantikan posisi ayahnya Chang Yun Chung yang kini berusia 99 tahun.

Cosco Group saat ini memiliki saham 14,5 persen di pabrik kontainer terbesar di dunia yang berlokasi di Shenzhen, CIMC (China International Marine Containers), dan memiliki pangsa pasar diatas 40 persen di seluruh dunia loh. Waaaaw bingitz deh.

Singamas rencananya bakal ngelepas 4 pabrik berikut ini : Qidong Singamas, Qingdao Pacific, Ningbo Pacific dan Singamas Container (Shanghai) ke pihak Cosco. Qingdao Pacific pun dimiliki oleh afiliasi yang lain, Qidong Pacific.

Singamas percaya, dengan menjual 4 pabriknya gak akan mempengaruhi banyak performansi perusahaan kedepannya, justru timbul keyakinan bahwa transformasi bisnis lama ke sektor logistik dan kontainer khusus, akan menjadi primadona baru.

Udk, Maersk pun di bulan Januari lalu baru aja merekstrukturisasi unit Maersk Container Industry (MCI), yang menyetop pembuatan kontainer dry dan fokus akan menggarap kontainer berpendingin / reefer box.

Di sisi lain, jutsru pihak Cosco tengah memperkuat industri pembuatan kontainer melalui unit Shanghai Universal Logistics Equipment (SULE), yang produksi pertahunnya bisa mencapai 500.000 TEUs. Wiiiiih ..... uedan Rek.

Ayo fokus di masing2 punya bisnis, biar gak kelibas sama kompetitor. Sekelas Cosco, Maersk, PIL/Singamas aja bertransformasi ato mereposisi unitnya supaya lebih fokus. Masa kita gini2 aja ? Hi hi hi.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar