Rabu, 13 Maret 2019

JT 130319 : Rencana Merger HHI + DSME

Isu tentang merger 2 (dua) galangan kapal besar di Korea Selatan ini sudah mencuat sejak beberapa waktu lalu. DI RRCina maupun Jepang program penggabungan menjadi hal yang utama, untuk menghadapi kompetisi sektor shipyard yang semakin ketat.

Makanya saat pihak Hyundai Heavy Industries (HHI) menandatangani kerjasama dengan pihak Korea Development Bank (KDB) untuk membeli Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), sejumlah kalangan sangat paham.

Seperti diketahui, sejak Januari lalu pihak KDB menjadi pemegang saham terbesar di DSME yakni 55 persen sehingga untuk mewujudkan galangan kapal terbesar didunia menjadi semakin kokoh dengan dukungan sektor perbankan disana.

Para pihak menyampaikan bahwa potensi penggabungan kedua galangan ini akan diupayakan semulus mungkin guna menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) dan untuk itu akan dikoordinasikan via Korea Shipbuilding Industry Development 
Commission (untuk mengumpulkan + mengevaluasi berbagai opini yang muncul).

Diluar gedung pertemuan sendiri, kedua serikat pekerja melakukan demonstrasi untuk menghalangi kesepakatan yang dilakukan antara HHI, DSME dan KDB – demikian dilaporkan oleh Korea Broadcasting System.

Kantor berita Yonhap merilis data bahwa order yang dimiliki HHI tahun lalu mencapai 11,14 juta compensated gross tonnes (CGT) sedangkan DSME memiliki 5,84 juta CGT. Kombinasi keduanya menciptakan potensi penguasaan pasar 21,2 persen total order yang ada di dunia. Angka yang menakjubkan.

Semoga semuanya berjalan mulus.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar