Ada sebuah pertanyaan yang menggelitik bila sedang
sharing masalah pelayaran bersama rekan-rekan seangkatan. Berapa sih angka
kasar container yang hilang saat kapal berlayar setiap tahunnya ? Bisa karena faktor
cuaca, dan berbagai sebab lainnya.
Kebetulan belum lama ini, “World Shipping Council” (WSC)
merilis sebuah laporan, yang menyebutkan angka berdasarkan fakta di lapangan
dan sejauh yang diketahui. Bisa jadi ada kejadian yang luput dari pantauan.
Angka ini diperoleh selama kurun waktu 6 (enam) tahun :
2008, 2009, 2010, 2011, 2012 dan 2013. Rata-rata kontainer yang hilang di
lautan sekitar 546 unit – tidak termasuk kejadian luar biasa ato PLH (peristiwa
luar biasa hebat, meminjam istilah dari kereta api).
Bila memasukkan data PLH maka angkanya akan membengkak
menjadi 1.679 unit. Contoh PLH di lautan apa saja ? Kasus terbelahnya kapal “MOL
Comfort” di tahun 2013 menenggelamkan 4.293 kontainer dan kasus kapal “Rena” melahap sebanyak 900 –
1.500 kontainer. Ini tragedi.
Tahun 2011 dan 2013 dinilai WSC sebagai tahun suram industri
pelayaran karena kejadian tadi. Walau jumlah korban jiwa gak ada tetapi nilai
komersil dan bisnis, baik dari pihak pelayaran maupun Pelanggan luar biasa
besarnya.
Di tahun 2013, jumlah barang yang diangkut menggunakan kontainer
mencapai 120 juta dengan nilai USD 4 trilyun. Ada yang menyebutkan, kontainer yang
hilang sekitar 10.000 unit per tahun namun tidak didukung akurat sehingga mana
yang mau dipakai ? Terserah.
Penyebab umumnya, selain cuaca yakni penumpukan yang
kurang sempurna (uproper stowage), salah deklarasi berat (weight wrong
declaration), hingga ke penyeba langka seperti kandas (Rena), kegagalan
struktur (MOL Comfort) ato tabrakan di laut.
Artinya, jumlah rata-rata kontainer hilang bisa besar ato
kecil tergantung apakah ada PLH ato ngga. Pelayaran sudah berusaha mengamankan
apa yang sudah menjadi kewajibannya. Di luar sana , tetap ada yang tidak bisa
diduga.
Tetap semangat dan supaya kita semua peduli dan paham
kejadian sesungguhnya.
Sumber : SN-TR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar