Tahun 2014 ini, diprediksi bakal ada extra-capacity
1,34 juta TEUs dan 40 persen diantaranya merupakan
kapal 12.000 TEUs. Seperti diketahui, pengiriman kapal kontainer sejak
awal tahun ini terus menggelontor gak terbendung.
Secara persentase, order kapal anyar tahun ini drop
1/5 dibanding tahun 2013. Belanja kapal anyar tahun lalu
mencapai nilai USD 17,3 milyar. Menurut Clarkson Research Services, belanja
kapal baru 4 bulan di tahun ini sudah mencapai angka USD 4,6 milyar. Senilai USD 4
milyar dialokasikan untuk kapal diatas 8.000 TEUs. Wooow banget
khan ?
Clarkson menyebutkan, pesanan di bulan April 2014, ada 15
kapal dengan agregat 123.280 TEUs. Total selama 4
bulan, menjadi 61 unit dengan agregat 503.700 TEUs. Dari angka
ini, 20
unit diantaranya kapal +12.000 TEUs dengan agregat 285.800
TEUs dan 8 unit kapal berkapasitas 8.000 - 11.999 TEUs beragregat 174.300
TEUs.
Total kiriman kapal baru di tahun depan, dipresiksi bakal
mencapai rekor baru : 1,54 juta TEUs, melewati prestasi tahun 2008 yang
mencatat angka fantastis 1,5 juta TEUs.
Hmm ... Akan seperti apa ya, para operator kapal
memandang sikon perekonomian dunia. Optimis ato ada sedikit gambling ?
Entahlah. Ikuti terus perkembangannya disini ya.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar