Sepertinya ini kabar
bagus yang harus disampaikan walau masih berupa bocoran isu karena setelah
berminggu-minggu bernegosiasi, para pihak capek juga dan ingin segera
mengakhiri drama ini.
Kabarnya pihak Suez
Canal Authority (SCA) + pemilik kapal Ever Given, yakni Shoei
Kisen Kaisha sudah mencapai kesepakatan prinsip atas kompensasi yang selama
ini diperjuangkan oleh kedua belah pihak. Bertindak selaku penengah atas
kepentingan diatas, pihak asuransi P&I Club.
Akhir Maret
lalu, sebuah kapal raksasa berkapasitas 20.388 TEUs yang dioperasikan Evergreen
Marine (Taiwan) kandas di Terusan Suez selama 6 (enam) hari dan
membuat alur supply chain global berantakan, hingga hari ini.
Isu keuangan yang
menonjol, sepertinya bisa disetujui karena biaya kompensasi awalnya USD 916
juta namun sempat diturunkan ke angka USD 550 juta, Pihak Shoei
menawar USD 150 juta dan angka terakhir kabarnya ada kenaikan.
Berapa besaran kenaikannya
? Keppo deh. Tunggu aja keputusan resminya ya. Sembari nunggu keputusan final, bisa
juga dicari informasi sebelumnya yang terangkum dibawah ini.
Silahkan baca di : JT
230621 : Ever Given Berharap Bisa Bebas, JT 180621 : Ever Given Menanti Asa, JT 310521 : Ever Given Diminta Tinggal Hingga
20/06, JT 280521 : Ever Given Masih Harus Tinggal Di Mesir, JT 230421 :
Pengadilan Mesir Tolak Permintaan Evergreen, JT 190421 : Pelaut India Galau
Usai Kandasnya Ever Given, JT 160421 : Mesir Enggan Lepas Kapal Evergreen, Jika
Belum Bayar Kompensasi, JT 100421 : Antrian Kapal Di Suez Terurai Paska
Kandasnya Ever Given, JT 290321 : Breaking News – Kapal Ever Given Berhasil
Diapungkan, JT 250321 : Update 1 - Kondisi Kapal Ever Given Pasrah, JT 240321 :
Ever Given Sebabkan Antrian Di Suez.
Sumber : Dari
Sana-sini / Foto : Foreign Policy.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar