Beberapa kejadian besar di laut sebenarnya pernah disuarakan, terutama yang menyangkut tragedi kebakaran dan sejenisnya karena menjadi kerugian besar, baik dari sisi ganti kerugian maupun citra (image) perusahaan.
Demikian pula, setelah
peristiwa tragis terakhir yang menimpa kapal X-Press Pearl, TT Club
merespon kepada semua pihak yang terkait langsung maupun gak langsung, untuk
bertindak transparan + teliti saat berkirim barang.
Menurut laporan TT
Club, setiap tahunnya diperkirakan ada 150.000 kontainer yang salah
mendeklarasikan barang2 berbahaya (misdeclared) dengan tidak semestinya
sehingga membahayakan barang2 milik pihak lain.
Kejadian yang menimpa X-press
Pearl bukanlah yang pertama, kedua ato ketiga kalinya tetapi sudah
berkali-kali. Bila tidak dilakukan mitigasi risiko seperti diatas niscaya
keyakinan Customer menggunakan moda laut sangat rapuh.
Disinilah dibutuhkan kepedulian bersama agar unsur KESELAMATAN BARANG bisa terjaga dengan baik. TT Club terus mengkampanyekan setiap waktu untuk mengurangi potensi kerusakan yang bisa merugikan para pihak, khususnya kategori barang2 berbahaya / dangerous goods ato hazmat.
Tinjauan peraturan yang
efektif patut diacungi jempol. Memang, pertemuan terakhir Komite Keselamatan
Maritim IMO memperdebatkan secara rinci masalah kebakaran kapal peti kemas.
Namun, pertimbangan
seperti itu tidak akan menghasilkan perubahan yang cepat,- sebagaimana diungkap
Direktur Manajemen Risiko TT Club Peregrine Storrs-Fox. Memang pasti
butuh perjuangan Panjang karena tidak berada di satu sisi tetapi melibatkan
pihak lain.
Inisiatif holistik yang
dipimpin oleh pelaku usaha / industri sangat diperlukan. Pemahaman oleh semua
pelaku usaha, mulai pengemasan, pemuatan, dan pembongkaran kontainer yang aman + kebutuhan informasi yang terperinci.
Intinya, skali lagi
dibutuhkan kepercayaan + transparansi para pelaku usaha untuk mengelola
keseluruhan rangkaian rantai pasok ini. Sudah siap ? Setidaknya TT Club terus
mengedukasi hal2 positif berkenaan dengan keselamatan pengiriman barang.
Kebetulan TT Club tahun
ini menyelenggarakan serangkaian webinar awal tahun ini yang mencakup semua
aspek kebakaran kapal kontainer. Yang tertarik, silahkan googling ya.
Rujukan kejadian tragedy
X-Press Pearl, silahkan dibaca : JT 110621 : Update 3 - Jaksa Tuntut
Email Kasus X-Press Pearl Yang Dihapus, JT 070621 : Update 2 - Klaim Kapal
X-Press Pearl, JT 270521 : Update 1 MV. X-Press Pearl Dievakusi, JT 240521 :
X-Press Pearl Alami Kebakaran Di Kolombo.
Sumber : Dari Sana-sini / Foto : The Loadstar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar