Kompetisi di sektor
transportasi saat ini sangat ketat. Volume-nya pun demikian sehingga jika ingin
mengejar parta besar, ya dibesarkan skalian. Jika kecil tertahan modal, mending
jadi spesialis dan bergerak di ceruk pasar khusus.
Ada sebuah perusahaan
pelayaran yang berbasis di Oslo, Norwegia yakni MPC Container Ships
(MPCC) yang mengakuisisi Songa Container (milik Chairman Arne
Blystad), dengan armada 11 kapal, nilai transaksinya USD 210,25
juta.
Dengan hasil diatas,
MPCC mengakuisisi rata2 kapal 2.250 TEUs dengan kondisi umur kapal sekitar
11,9 tahun. Kapal2 ini dilengkapi dengan scrubber (9 unit) dan
sisanya ice-class untuk transaksi perdagangan di seputaran Baltik.
Seperti halnya seorang
pimpinan yang visioner, CEO MPCC yakni Constantin Baack melihat
proyeksi masa depan industri berbasis kontainer sangat prospektif sehingga
akuisisi menjadi model strategi yang dijalankan oleh MPCC saat ini.
Harus diakui, sejak
akhir tahun 2020 sejarah pelayaran seolah memihak para pengusaha
sehingga mayoritas pelayaran sangat diuntungkan. Silahkan dicek laporan
keuangan tahunan, khususnya 2020 nyaris gak ada yang merah.
Mari kita simak bersama,
kemana arah MPCC dalam beberapa tahun kedepan.
Sumber : Dari
Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar