Bagaimana gak heboh dan
makin kaya itu perusahaan pelayaran global. Disaat seperti sekarang, harga yang
sedang asyik2nya buat dinikmati dibantu kondisi supply & demand yang
gak seimbang, klop deh keberuntungan mereka ini.
Dari data terbaru,
ternyata 10 pelayaran global itu menguasai 85 persen kapasitas
angkutan laut sedunia, sementara 4 besarnya saja menguasa 58 persen.
Empat besar dimaksud Maersk, MSC, CMA CGM + Cosco Shipping – demikian laporan
FreightWaves yang berbasis di New York, Amrik.
Satu hal yang sedang
dinanti oleh para pengamat yakni manuver MSC yang sangat agresif dalam membeli kapal2
secondhand untuk memperkuat ekspansi + ambisi menikung Maersk dalam
waktu dekat.
Perhitungan itu bukan
tanpa alasan kuat. Direkrutnya Soren Toft ex Maersk, agresifitas pembelian
kapal2 secondhand hingga kapal2 anyar serta ekspansi servis yang akan dilakukan
di tahun2 mendatang.
Dari catatan Alphaliner,
sejak awal tahu 2021, armada kapal MSC meningkat 4 persen dan
kini sudah mendekati angka 4 juta TEUs. Jika kapal2 barunya jadi,
diperkirakan menjadi 4,7 juta TEUs ato melewati Maersk punya armada.
Jika maujud dan lancar,
posisi MSC akan berada diatas puncak klasemen dan menggeser Maersk karena
kapasitas yang dimiliki 14 persen diatas Maersk dan 34 persen diatas
CMA CGM. Hmm ….
Hingga saat ini, Maersk
merupakan satu2nya pelayaran global yang belum mengumumkan untuk membuat kapal2
baru, melainkan mengoptimalkan asset yang dimiliki. Maersk sudah memimpin
perlombaan ini selama 25 tahun lebih.
Rujukan perihal manuver
MSC dalam beberapa waktu belakangan, silahkan baca : JT 080621 : MSC
Order 4 x 24.200 TEUs, JT 290421 : MSC Siap Geser Maersk, JT 270421 : MSC Beli
Aset CPP 2 x 9.288 TEUs, JT 260221 : MSC Akan Geser Maersk di Urutan 1, JT
060221 : MSC Siap Salip Maersk ?, JT 180121 : MSC Semakin Dekati Maersk.
Sumber : Dari
Sana-sini / Foto : Splash 247.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar