Nyambung
info kemaren di JT 260116, berikut ini revisi ato upgrading servis dari
masing-masing pelayaran untuk mengakomodir kebutuhan pasar yang terus meningkat
di kawasan Afrika. Gak nyangka khan ?
MOL Liner Ltd (Jepang) kabarnya bakal ningkatin
kemampuan di rute Asia - Afrika Barat,
terhitung mulai tgl 01/02/16. MOL
bakal memasang 5 (lima) unit kapal
berkapasitas 2.800 TEUs dan 6 (enam)
unit lainnya dari mitra di konsorsium WA1.
Rotasi
pelabuhan terkini servis WA1 sebagai berikut : Shanghai - Ningbo - Hong Kong - Guangzhou/Nansha
- Singapura - Port Kelang - Kolombo - Lagos/Apapa - Lagos/Tincan - Tema - Cotonou
- Abidjan - Singapura - Shanghai.
Sementara
itu pelayaran Gold Star Line (GSL)
yang bermarkas di Hong Kong bakal
menyempurnakan servisnya di Asia –
Afrika Barat, juga per awal Februari 2016 mendatang. Servis yang diapkan
yakni FAX dan FA2.
Penyempurnaan
FAX (Far East-West Africa Express), mengoperasikan
11 kapal, rotasinya sbb : Shanghai
– Ningbo - Hong Kong – Guangzhou/Nansha – Singapura - Port Kelang – Kolombo -
Lagos (Apapa) - Tincan (TICT) - Tincan (P&CHS) – Tema – Cotonou – Abidjan –
Singapura - Shanghai.
Bila
MOL Lier dan GSL menyiapkan diri di servis Asia – Afrika Barat, maka NileDutch justru mengakomodir Pelanggan
dari timur Amrik dengan bekerja-bareng dengan pelayaran Turkon Line. Hub port yang dipake Tangier.
Rotasinya,
kargo dibawa dari New York, Norfolk,
Savannah dan Tangier. Dari Tangier dipindah-kapalkan ke tujuan
akhir, semisal : Abidjan, Pointe Noire,
Luanda, Lobito dan Namibe via
kapal NileDutch berlabel WEWA (West
Europe – West Africa).
Yang
paling uedaaaan yo kiprah CMA CGM.
Kabarnya doĆ mo ganti kapal yang sekarang dipake, dengan kapasitas rata-rata 4.200-5.800 TEUs, menggunakan kapal
yang lebih gede dengan kemampuan 9.000
TEUs. Ehmm ehmm sales-nya bisa nangis Bombay nih …
Pelabuhan
yang diincar pelayaran Perancis ini
untuk bisa menampun kapal segede ini ya Luanda
(Angola) dan Walvis Bay (Namibia).
Kenapa CMA CGM koq masang kapal segede gamreng di Afrika ? Sori Bro, rute Asia-Eropa udah dipenuhi kapal 20.000 TEUs.
Ooh
gitu tha pantesan aja. Alphaliner
mencatat bahwa kapal CMA CGM Danube
(9.365 TEUs) udah mulai masuk armada ASAF per tgl 28/12/15 lalu dan menyusul kapal CMA CGM Columbia (10.034 TEUs) masuk loop ini per tgl 16/01/16.
Selamat
menyaksikan persaingan sengit di medan pertempuran berikutnya. Dar der dor !
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar