Menghadapi kompetisi yang semakin ketat, semua aliansi strategis termasuk
juga individual carrier berlomba-lomba menyederhanakan ato melengkapi servis
satu sama lain. Tak kurang dari aliansi “G6”.
Rute sebelumnya “Middle East – Asia – USWC (US West Coast / USWC) milik
aliansi “Grand Alliance (G.A) yang melebur menjadi “G6”, bakal diperpanjang
oleh G6 Plus menjadi rute Asia – Amrik pantai barat (USWC) dengan nama “Pacific
South and Gulf” (PSG).
Merek dagang ini diperkenalkan oleh “Hanjin Shipping” (HJS tapi bukan
anggota G6, melainkan anggota aliansi “CKYHE”) bersama “NYK Line” (anggota G6
dan sebelumnya G.A), melibatkan “Hapag-Lloyd” (H-L) dan “OOCL” sebagai slot-taker – demikian
kutipan media riset “Alphaliner”.
Rotasi pelabuhan PSG / SE3 nantinya sebagai berikut : Jebel Ali – Dammam –
Port Kelang – Singapura – Laem Chabang – Yantian – Los Angeles – Oakland –
Busan – Shanghai – Ningbo – Yantian – Singapura – Jebel Ali.
Kapal yang dioperasikan 12 unit, kapasitasnya beragam antara 6.100 s/d
6.600 TEUs dimana NYK menyediakan 8 unit dan HJS menyumbang 4 kapal. Kabarnya,
bagi anggota G6, nama PSG bakal disesuaikan menjadi “SE3” dan berlaku efektif
per bulan Mei 2014 mendatang.
“Hyundai Merchant Marine” (HMM) akan membeli slot di SE3 sedangkan APL dan
MOL gak ikutan berpartisipasi dulu.
Demikian laporan dari dapur G6 yang dapat kami sampaikan. Cheers.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar