Juragan kapal Jerman, "Buss Capital" mendapat
kapal pesanannya "Oceania" (1.714 TEUs) dari galangan Wenchong
Shipyards, RRCina. Kapal ini merupakan jenis Wenchong 1700-MK2 yang merupakan
penyempurnaan seri sebelumnya MK1 - standard design.
Disain kapal MK2 relatif mirip MK1 namun hull dan
superstructure diperkuat. Kapal ini memiliki lower draft dan peralatan mesin
diganti Sulzer-Wartsila RT flex elektronis, sebelumnya MAN B&W. MK2 lebih
pendek ukurannya dari pendahulunya, karenanya bisa masuk Sungai Chao Phraya
(Bangkokmax).
Kapal ini merupakan kapal ke-3 dari 4 unit yang dipesan
Buss Capital di bulan Februari 2011, untuk masa pengiriman tahun 2012 hingga
mid-2013. Januari lalu, Buss baru dapat kapal "Olivia". Kapal
terakhirnya minta dikirim awal 2014 yakni "Octavia". Buss belum
memiliki cabang own-ship management dan untuk mengurus Oceania menunjuk
outsource, Reederei Gebruder Winter.
Buss Capital merupakan kendaraan investasi dari Buss
Group yang bermarkas di Hamburg, operator terminal serbaguna. Supaya gak
bingung, grup usaha ini beda dengan Hermann Buss yang bermarkas di Leer, Jerman
namun memiliki usaha setipe dengan Buss Group. Hermann Buss tengah terkena
musibah dengan terbakarnya kapal "Hansa Brandenburg" di Samudera
Hindia.
Oceania disewakan ke pihak APM-Maersk dibawah koordinasi
spesialis Intra-Asia, "MCC Transport". Kapal ini akan diganti nama,
menjadi "MCC Shanghai", bakal masuk servis RRCina - Korea - Filipina
ato "SH1".
Congrats !
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar