Sehubungan dengan terjadinya insiden terbelahnya kapal
kontainer “MOL Comfort” yang dioperasikan Mitsui O.S.K Lines (MOL) dan sebagian
darinya tenggelam beberapa hari lalu. Dampak susulannya mulai dirasakan saat
ini.
“G6” merupakan aliansi strategis palayaran global, yang
menggabungkan pola operasi dari 2 (dua) kekuatan besar sebelumnya, yakni “Grand
Alliance” (G.A) : Hapag-Lloyd, OOCL dan NYK sedangkan “The New World Alliance”
(TNWA) : APL, HMM dan MOL.
Nah akibat insiden diatas, saudara-saudara “MOL Comfort”
diperintahkan untuk segera masuk dok dan melewati pemeriksaan ketat, untuk
menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti MOL Comfort dimasa mendatang.
Yang brasa banget sekarang adalah, perusahaan asuransi
siap-siap berhitung keras untuk mengganti kerugian dan mitra kerjanya di G6,
bahu membahu menutup lubang yang ditinggalkan kapal-kapal MOL untuk keperluan
check-up.
Ada 6 (enam) unit kapal “kelas C” yang ditarik untuk
dry-docking tak terjadual. Mereka adalah : “MOL Creation”, “MOL Charisma”, “MOL Celebration”, “MOL Courage”, “MOL
Competence” dan “MOL Commitment”.
Pihak manajemen menegaskan, kapal-kapal tersebut diatas
akan diperkuat bagian lambung kapalnya, bekerjasama dengan pihak galangan kapal
“Mitsubishi Heavy Industries” (MHI) serta NKK selaku classification society.
Kronologis kejadian terkait isu kapal “MOL Comfort”,
silahkan baca : JT 280613 : Belahan “MOL Comfort” Tenggelam, JT 270613 : “MOL
Comfort” Ditarik Ke Salalah ?, JT 230613 “ MOL Sewa Tim Penyelamat, JT 210613 :
“MOL Comfort” Terapung Dan Terbelah, JT 190613 : Update – Mitsui Kirim Tim
Penyelamat “MOL Comfort”, JT 180613 : “MOL Comfort” Hilang Di Laut Arab dan JT
170613 : Tragedi Pelayaran Minggu ini.
Semoga semua upaya MOL maupun mitra G6 bisa menyelesaikan
permasalahan dengan baik. Begitu juga tugas berat MHI dan NKK serta pihak
asuransi dalam menangani kasus MOL Comfort ini. Pelajaran sangat berharga bagi
industri maritim dunia.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar