"Bank of Communications" (BoCom) yang bermarkas di
Shanghai, RRCina via afiliasinya “Bank of Communications Financial Leasing”
telah menempatkan order baru 6 x 9.400 TEUs di galangan kapal Cina: "Jiangnan
Shipyard" (2 unit) dan "Shanghai Jiangnan Changxing Shipbuilding". Aneh ... tapi
ya ikutin aja.
Detil peruntukannya belum jelas tapi sumber-sumber yang
bisa dipercaya, kapal-kapal anyar ini bakal disewa untuk jangka panjang, oleh
operator terbesar ke-2 di dunia, "Mediterranean Shipping Co." (MSC).
Cek deh dari nama-nama kapalnya he he he ...
Kapal yang dibangun ini spesifikasinya mendekati dengan
yang dipesan "Schulte Group" (Jerman) dan "Costamare" (Yunani) dan sama-sama disewa
oleh MSC pula. Kapal pertama pesanan BoCom bakal meluncur dengan nama "MSC
Antalya", rencana kirimnya akhir bulan Juli ini.
Kapal baru ini memiliki panjang total 300 meter dengan
lebar 48,80 meter (19 row). Menurut induk galangan CSSC Shipyard Group, kapal
ini didisain hemat bahan bakar serta ramah lingkungan. Detil spesifik lainnya
belum bisa diperoleh tapi kayaknya cukuplah.
Sebagian pengamat memperkirakan agregat kapasitas
terpasang MSC bakal melejit karena hampir semua kapal baru dan besar, nyaris
disapu bersih oleh MSC. Belum lama ini MSC juga mendukung pesanan 7 x 8.800
TEUs milik produsen kontainer CIMC dan bakal disewa semua. CIMC memilih
galangan kapal Dalian Shipbuilding Industry Corp. (DSIC), RRCina.
Wow, top markotop abiiz nih. Serame apa ya dunia
pelayaran 5 (lima) tahun ke depan ? Bisa dilihat angkanya namun sikonnya sulit
diprediksi karena terkait prediksi pertumbuhan ekonomi dunia.
Hmm hmm hmm ... Sulit diduga.
Sumber : LV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar