Setelah sejumlah kapalnya ditahan di Selandia Baru dan di
beberapa negara dilaporkan kapal “STX Pan-Ocean” (STX PO) mengalami kesulitan
pelayanan. Kini secara perlahan pula, sejumlah servis yang pernah dioperasikan,
mulai ditutup satu per satu.
Yang terbaru, STX PO cabut dari servis Korea – Vietnam
dan menarik kapal-kapal yang dioperasikan bersama mitra kerjanya. Kontan aja
rekan sekerja dibuat kelojotan karena mendadak harus stop operasi ato harus
beli slot ke pelayaran lain.
Beruntung bagi pelayaran yang bermodal kuat, bisa
langsung menambah kapal untuk mengganti kapal STX PO yang ditarik. Nah kalo
ngepres dan ngedadak gini, pelayaran lain pilih tutup servis sementara.
Setelah STX PO cabut di rute Korea – Vietnam, kini Hanjin
Shipping (HJS) menjadi satu-satunya pelayaran di rute cantik, “NHS”. Tadinya
HJS menyiapkan 2 kapal sedangkan STX PO menyumbang 1 kapal. Kini ketiga
armadanya merupakan kapal HJS.
STX PO menarik kapal “STX Dalian” (1.732 TEUs) dan HJS
menambalnya dengan kapal lebih gede “Hanjin Port Adelaide” (2.553 TEUs).
Pembeli slot NHS yang bertahan : OOCL. Heung-A dan Sinokor. Top deh.
Servis lain yang menghubungkan Korea – Thailand – Vietnam
yang dikemas dalam servis “NTS” juga menyisakan ruang kosong, saat STX PO
menarik kapal sewanya “Hansa Calypso” dan mengembalikannya ke pemilik / owner.
NTS dioperasikan bersama HJS dan KMTC.
Hansa Calypso (1.645 TEUs) digantikan oleh “Hanjin Sao
Paulo” (1.703 TEUs). Kini NTS tetap mengoperasikan 3 (tiga) unit kapal cuma 2
unit merupakan kontribusi HJS dan 1 unit lainnya tetap dioperasikan KMTC.
Rotas NTS selengkapnya sebagai berikut : Busan –
Kwangyang – Shanghai – Hong Kong – Laem Chabang – Bangkok – Laem Chabang – Ho
Chi Minh City – Busan. Selain memporak-porandakan rute Korea – Vietnam, STX PO
juga meluluh-lantakkan rute korea – Cina – Vietnam.
Korbannya adalah Yang Ming Line (YML) dan Cheng Lie
Navigation (CNC) yang terpaksa harus menghentikan servis “CTS”. Tadinya STX PO,
YML dan CNC menyumbang masing-masing 1 (satu) kapal.
Dengan rontoknya STX PO, YML paling merana karena muatan
ex Korea dan Vietnam mangkrak alias berupaya keras mencari opsi alternatif. Rotasi
CTS selama ini : Incheon – Qingdao – Shanghai – Ho Chi Minh – Laem Chabang –
Hong Kong – Shekou – Incheon.
Rute mana lagi yang akan terimbas dengan rontoknya STX
PO, masih harus dicermati. Rujukan sebelumnya, silahkan baca: JT 220613 : STX
PO Masuk Program Restrukturisasi dan JT 110613 : “STX Pan-Ocean” Kritis.
Take care ya.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar