Setelah sempat shock dengan tenggelamnya separuh jiwa
“MOL Comfort” beberapa waktu lalu di Samudera Hindia, tanggal 01/07 lalu tali
penarik yang menghubungkan kapal tug dan belahan MOL Comfort sempat terputus.
Tapi jangan kuatir – demikian laporan terkini dari pihak Mitsui O.S,K Lines (MOL) – bahwa pengamanan sudah dilakukan dan tali penarik
sudah tersambung kembali. Semoga perjalanan menuju pelabuhan terdekat bisa
lancar dan tak terkendala lagi.
Seperti diketahui, MOL Comfort yang memiliki kapasitas
8.000 TEUs terbelah saat menghadapi badai (cuaca) buruk di Samudera Hindia pada
tanggal 17/06 lalu. Bagian depan berhasil diselamatkan namun bagian belakang,
akhirnya tenggelam tanggal 27/06 lalu.
Bagian yang tenggelam hingga kini masih dalam pantauan
tim penyelamat, termasuk mengantisipasi kemungkinan bocoran minyak namun
beruntung hingga saat ini belum ada tuh. Siiiip, aman dunk.
Seperti diketahui, setelah insiden MOL Comfort pihak
manajemen menarik 6 (enam) sisterships yang beroperasi ke galangan, untuk
proses pengecekan (inspeksi) dan kemungkinan besar akan dilakukan upgrading
memperkuat struktur lambung kapal 2x lebih kuat.
Selain MOL, mitra kerja di aliansi strategis termasuk
yang kelimpungan mencari kapal-kapal pengganti di semua rute yang
dikerjasamakan di loop “G6”. APL, HMM, MOL, H-L, OOCL dan NYK bahu membahu
menjaga servis yang ada saat ini.
Hari ini, pihak MOL mengumumkan langkah darurat
menghadapi penarikan “C-class” dari Loop yang dioperasikan G6.
a. “MOL Courage” bakal ditarik dari rute westbound Loop 1
Asia – Eropa (AE) di Singapura dan sementara waktu kargonya dipindahkan ke
kapal “MOL Commitment”, “MOL Charisma” setelah bongkar di Tokyo pun akan
ditarik dari Loop 1 AE sedangkan muatannya akan diteruskan oleh “MOL
Generosity” (5.605 TEUs) untuk tujuan Hong Kong.
b. Kargo ex MOL Generosity akan dilanjut dengan kapal “MOL
Continuity” ke Eropa. Untuk diketahui, MOL Continuity dan “MOL Cosmos”
merupakan produk galangan lain, Koyo-designed dan bukan buatan Mitsubishi Heavy
Industries (MHI), jadi gak kena emergency drydocking.
c. “MOL Creation” di Loop 1 AE juga dibatalkan dan posisinya
digantikan oleh “MOL Growth” (5.605 TEUs) untuk membawa muatan ex Jepang
(Tokyo, Kobe, Nagoya dan Shimizu) ke Hong Kong dan nantinya akan diteruskan ke
AE.
d. Sementara itu ad-hoc call dari Hong Kong (HKG) bakal
dilayani oleh kapal “NYK Helios” ETA/ETD HKG 11-12/07 dan “OOCL Chongqing”
ETA/ETD HKG 15-16/07.
Kronologis insiden “MOL Comfort” bisa ditelusuri di
laporan sebelumnya, silahkan cek JT 010713 : “G6” Umumkan Contingency Plan, JT 280613
: Belahan “MOL Comfort” Tenggelam, JT 270613 : “MOL Comfort” Ditarik Ke Salalah
?, JT 230613 “ MOL Sewa Tim Penyelamat, JT 210613 : “MOL Comfort” Terapung Dan
Terbelah, JT 190613 : Update – Mitsui Kirim Tim Penyelamat “MOL Comfort”, JT
180613 : “MOL Comfort” Hilang Di Laut Arab dan JT 170613 : Tragedi Pelayaran
Minggu ini.
Semoga cepat bisa diatasi dengan baik. Bila ada
perkembangan lebih lanjut dari “Contingency Plan” G6 bakal diinfo deh. Stay
cool.
Sumber : Dari Sana-sini / Kredit Foto ; SN-TR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar