Pernah
berpikir bahwa suatu hari jaringan kereta
api (KA) akan bisa menyaingi industri pelayaran, sekalipun untuk rute jarak
jauh ? Contoh paling nyata saat ini adalah, di kala pemerintah RRCina ingin
mengoperasikan Jalur Sutera.
Kabarnya nih,
pemerintah Tiongkok tengah mempertimbangkan untuk membangun fasilitas cold storage, untuk menampung
impor buah-buahan segar dari Eropa, yang dikirimkan via KA. Ini masih
antisipasi dan prediksi.
Saat ini yang
udah jalan, komoditi mesin dan produk IT yang
dikirim RRCina ke Eropa namun sebaliknya, KA sering kosong alias sepi
muatan. Nah, disinilah letak peluang tadi. Kenapa gak manfaatin nih space yang
ada. Gitu.
Rangkaian KA YuXinOu yang mulai beroperasi tahun 2011
lalu, merupakan proyek uji-coba dan revitalisasi Jalur Sutera dimasa lalu (Silk
Road Route). Rutenya melintasi Chongqing
via Kazakhstan, Rusia, Belarusia, Polandia, Jerman dan berakhir di Rotterdam, Belanda.
Hanya saja,
angkutan diatas blon memperhitungkan angkutan buah-buahan segar, lagi pula
diakui oleh pemerintah setempat, fasilitas yang ada kurang memadai. CEO Rabobank Asia, Jeroen Nijsen, stasiun
yang dilintasi harus ditingkatkan lagi.
Setiap
tahunnya, pemerintah RRCina terus meningkatkan volumenya dan nantinya gak hanya
produk hasil pertanian yang dapat keuntungan, produk lainnya pun pasti dapat ‘lah.
Saat ini, RRCina mengimpor 10 juta ton perishable
goods senilai USD 6-7 milyar
dari Eropa.
Wadaaaw
bingits tuh nilainya. Congrats.
Sumber : Dari
Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar