Senin, 02 November 2015

JT 021115 : RRCina – Eropa Dorong Impor Buah-buahan Via Jalur Sutera

Pernah berpikir bahwa suatu hari jaringan kereta api (KA) akan bisa menyaingi industri pelayaran, sekalipun untuk rute jarak jauh ? Contoh paling nyata saat ini adalah, di kala pemerintah RRCina ingin mengoperasikan Jalur Sutera.

Kabarnya nih, pemerintah Tiongkok tengah mempertimbangkan untuk membangun fasilitas cold storage, untuk menampung impor buah-buahan segar dari Eropa, yang dikirimkan via KA. Ini masih antisipasi dan prediksi.

Saat ini yang udah jalan, komoditi mesin dan produk IT yang  dikirim RRCina ke Eropa namun sebaliknya, KA sering kosong alias sepi muatan. Nah, disinilah letak peluang tadi. Kenapa gak manfaatin nih space yang ada. Gitu.

Rangkaian KA YuXinOu yang mulai beroperasi  tahun 2011 lalu, merupakan proyek uji-coba dan revitalisasi Jalur Sutera dimasa lalu (Silk Road Route). Rutenya melintasi Chongqing via Kazakhstan, Rusia, Belarusia, Polandia, Jerman dan berakhir di Rotterdam, Belanda

Hanya saja, angkutan diatas blon memperhitungkan angkutan buah-buahan segar, lagi pula diakui oleh pemerintah setempat, fasilitas yang ada kurang memadai. CEO Rabobank Asia, Jeroen Nijsen, stasiun yang dilintasi harus ditingkatkan lagi.

Setiap tahunnya, pemerintah RRCina terus meningkatkan volumenya dan nantinya gak hanya produk hasil pertanian yang dapat keuntungan, produk lainnya pun pasti dapat ‘lah. Saat ini, RRCina mengimpor 10 juta ton perishable goods senilai USD 6-7 milyar dari Eropa.

Wadaaaw bingits tuh nilainya. Congrats.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar