Blon lama ini
sih, perusahaan pelayaran Jerman, “Hapag-Lloyd”
(H-L) membelanjakan duitnya untuk menambah armada kontainer reefer-nya. H-L
menyadari kompetisi di east-west trade
(baca : rute Asia-Eropa / AE) sudah
terlalu parah saat ini.
Kebetulan di
rute Amerika Selatan masih sepi pemain dan kompetisinya gak separah AE maupun
Amrik ato Asia – Med (AM). Gak salah
juga sih klo pemain besar Maersk Line dan MSC memainkan perannya disana, plus
sang spesialis “Hamburg-Sud” (H-S).
Tapi H-L gak
strategi. Akuisisi atas pelayaran Cile
tempo hari, CSAV, ditengarai menjadi
pemicu optimisme H-L dalam menggarap pasar Amerika Selatan. Do’i ngeliat, H-S adem
ayem aja nih melayani rute penuh muatan buah-buahan. Asyik dunk.
H-L membeli 6.000 kontainer reefer untuk
mengakomodir potensi pasar Amerika Selatan. Ribuan kontainer anyar ini, akan
dilengkapi teknologo terkini (will be fitted with controlled-atmosphere technology), sori istilah teknis yang kita
sendiri lagi belajar he he he.
Makanya sang CEO Rolf Habben Jansen menyatakan H-L
sebagai pelayaran yang (mulai) mempunyai spesifikasi khusus di industri reefer
biz. Apalagi setelah mencaplok CSAV, H-L jadi tambah bergairah berkiprah di
Amerika Selatan.
Untuk
diketahui, April 2015 lalu H-L memesan 5 x 10.500 TEUs, dan kapal anyarnya ini
dilengkapi dengan 2.100 reefer-plug. Mantep !
Sumber : Dari
Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar