Gengsi buat
jadi pelayaran nomor satu udah gak bisa ditahan lagi oleh “Mediterranean Shipping Co.” (MSC) dan jangan heran bila pelayaran
blasteran Italia-Swiss ini cenderung
enggan mengakuisisi ato merger. Lebih pilih besar karena usaha sendiri he he
he.
Upaya-upaya
untuk melewati prestasi “Maersk Line”
selaku pelayaran nomor wahid saat ini, terus digalang. Salah satu diantaranya
membangun armada kapal gede (diatas
19.000 TEUs) secara besar-besaran.
Padahal MSC berkawan dengan Maersk Line di aliansi “2M”.
Musuh dalam
selimut ? Ya susah-susah gampang menggolongkannya, wong masing-masing punya cara
dan strategi masing-masing, jadi terserah Pembaca mau mengibaratkan seperti
apa. Musuhku adalah kawanku, gitu kali ye ?
Ya sud.
Kembali ke urusan biz MSC, langkah yang ditempuh adalah memperbesar armada
dengan kapal besar namun skala ekonominya bisa dipertanggungjawabkan, selain
harus efisien dan secara komersil bisa dijual.
Blon lama
ini, MSC mendapatkan kapal seri “Oscar-class”
yang ke-3, yaitu “MSC Zoe” (19.224 TEUs). Konstruktornya
adalah galangan kapal DSME, Korea
Selatan dan reputasinya gak diragukan lagi.
Kapal
anyarnya ini bakal masuk servis “Swan”,
yang beroperasi di rute Asia-Eropa (AE)
dan kapal ini merupakan bagian dari pengadaan 20 kapal gede MSC diatas 19.000 TEUs. Ampuuun mak !
Pesanan
kapal-kapal gede MSC ini, bisa memperpendek jarak dengan “Maersk Line” dan
selanjutnya menyalip di saat-saat yang menegangkan kelak. Kapan pastinya, Cuma mereka
berdua yang tahu deh. Pertarungan seperti apa yang akan dimainkan.
Yuuuk, kita
ikuti terus perkembangannya dan jangan sampe lengah. Diakui ato ngga, itu adalah kompetisi dan harga yang harus dibayar, sangat-sanagt mahal.
Congrats buat
MSC atas kapal barunya ya.
Sumber : Dari
Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar