Walau kondisi
ekonomi masih lesu tapi gak istilah ini kayaknya gak berlaku buat MSC, sang juragan kapal yang juga
dikenal sebagai pelayaran no. 2 terbesar setelah Maersk Line. Targetnya, harus bisa melampaui Maersk Line, gimana
pun caranya.
Diakui ato
ngga, itu perkaran lain. Setiap pelayaran mempunyai ambisinya sendiri-sendiri.
Sejak lama, Mediterranean Shipping Co.
(MSC) ingin menguasa dunia tetapi Maersk Line berupaya “menjegal” dengan
segala daya dan upaya.
Seperti
layaknya sang juara, bila kemudian harus turun pamor menjadi nomor 2 alias
runner-up kayaknya gak pe-de bangetz deh. Harus jadi nomor 1 dan ambisi itualh
yang membuat keduanya bersaing menambah kapal sebanyak-banyaknya dengan
kapasitas penuh.
Artinya,
untuk mempertahankan reputasi dan gengsi masing-masing, perlu usaha lebih. Bagi
MSC, yang tengah menggalang kekuatan dengan konstruksi kapal terbaru yang
sangat powerfull, yaitu armada kapal 19.224
TEUs (+19.000 TEUs).
Gak ada yang
ragu dengan kemampuan keuangan MSC dan MSC bisa membeli sendiri ato menyewa
dari pihak ke-3. Intinya, sebagai operator, kapal bisa didapat darimana saja,
yang pentinga ngehasilin duit. Dari situlah transaksi dimulai.
Dalam waktu
dekat, galangan kapal Daewoo
Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korea Selatan bakal
menyerahkan kapal terbaru ke-4 seri
19.224 TEUs, “MSC Maya”. Kapal ini
akan menyusul kakak seperguruan “MSC
Olver”, “MSC Oscar” dan “MSC Zoe”
MSC memesan 20 unit kapal “Oscar-class” (begitu MSC menyebutnya) dan menyebarnya di 3 (tiga)
galangan besar Korea Selatan. Ya bagi-bagi jatah gitu deh, biar gak pada ngiri
he he he. Padahal pengen ngeliat juga kualitas buatan masing-masing shipyard
tuh.
DSME kebagian
bikin 12 kapal, Samsung Heavy Industries
(SHI) : 6 kapal dan Hyndai Heavy
Industries (HHI) : 2 unit. Masa pengirimannya antara Juli 2013 s/d Maret 2016 – demikian sebagaimana dilansir media
riset “Alphaliner”.
Untuk
diketahui saja nih, 6 kapal dari total
12 unit yang dipesan MSC, dibiayai oleh Bank of Communication Leasing (BoCom) sementara 6 unit lainnya
didanai oleh Minsheng Financial Leasing
(MFL).
Kapal terbaru
MSC memang diklankan dapat membawa 19.224 TEUs walau secara konfigurasi aslinya
“hanya” bisa menampung 18.000 TEUs
tetapi pihak galangan konon, memberikan solusi pemanfaatan ruang yang bisa
dioptimalkan. Bagus !
Ke-12 kapal
ex DSME ini akan disewa untuk jangka panjang
alias long-term lease (biasanya
diatas 10 tahun ato sama dengan). Kapal anyar ini dipasangi mesin otomatis
pengatur kecepatan lambat MAN-B&W
(model S90ME-C10 versi 11 silinder), bisa menghasilkan tenaga 67.100 kW.
Spesifikasi
kapal Oscar-class ini yaitu panjang
395,4 meter, lebar 58,6 meter dan
row 23 kontainer di dek kapal.
MSC Maya
diharapkan mulai masuk servis gabungan antara Maersk-MSC di aliansi strategis 2M, di rute Asia – Eropa (AE)
dengan nama AE-2 / Swan loop. Kapal
anyar ini bakal ngegantiin kapal sekelas Ebba
Maersk (15.500 TEUs).
Siiiip, top
markotop deh.
Sumber : Dari
Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar