Proyeksi merger antara 2 (dua) pelayaran besar di awal
tahun 2014, ditanggapi secara positif oleh pengusaha Cile yang mem-back up
"Compania Sud America de Vapores" (CSAV) dan rencananya, mereka
menyiapkan dana USD 600 juta untuk mendukung proses merger agar maujud. Mantabz
!
Chief Executive CSAV, Oscar Hasbun, menjawab optimisme
pelayaran Cile tersebut akan beroleh manfaat besar dengan bergabungnya CSAV di
kubu pelayaran Jerman yang dikenal memiliki strategi kuat dalam mengemban misi
dagang di industri maritim dunia.
Dana USD 200 juta pertama di awal Maret ini akan dipakai
untuk membiayai konstruksi kapal anyar 7 x 9.300 TEUs dan sisanya USD 400 juta
akan digelontorkan lagi, apabila angin penyatuan sudah diambang pintu. Tgl
22/01/14 lalu, kedua belah menandatangai memorandum of understanding (MoU) untuk
menciptakan kekuatan baru di industri pelayaran global.
Bila maujud, kombinasi bisnis "Hapag-Lloyd"
(H-L) dengan CSAV akan menciptakan pelayaran terbesar ke 4 di dunia. Saat ini
H-L menempati ranking ke-4 sedangkan CSAV berada di peringkat 20. Pemegang
saham mayoritas CSAV, Quinenco, kabarnya siap menggelontorkan dana yang bisa
mendorong reputasinya di negerinya lebih "waaah" lagi.
Quinenco di negaranya dikenal sebagai pengusaha kawakan
yang bergerak di industri keuangan, makanan dan minuman serta pelayaran -
tentunya.
Ok deh. Selamat bersiap-siap menyongsong peleburan
entitas bisnis H-L dan CSAV. Good luck !
Rujukan sebelumnya atas isu merger ke-2 pelayaran ini,
silahkan baca JT 260114 : Merger “H-L” + “CSAV” Makin Dekat, JT 160114 : “H-L”
Siap Beli “CSAV”, JT 070114 : Versi Drewry, Merger “H-L” = “CSAV” Ideal, JT
020114 : “H-L” Undang Hamburg-Sud Diskusi Merger “CSAV”, JT 271213 : Embrio
Merger H-L & CSAV dan JT 121213 : Isu Merger HKL & CSAV.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar