Sejarah kapal kandas hampir ngga lepas dari laporan
setiap berita di dunia maya. Bisa terjadi di sungai, danau bahkan hamparan
selat yang relatif dibilang aman, ehh tahu-tahu kandassssss. Zzzh ada ada aja
ya.
Belum lama ini, kapal kontainer “MSC Sarah” dilaporkan
kandas di Laut Marmara, saat dalam perjalanan dari Portugal ke Ambarli. Kapal
kandas setelah melewati Selat Dardanela, Turki. Oh iya, kapal ini
dioperasikan oleh perusahaan pelayaran terbesar ke-2 di dunia, "Mediterranean
Shipping Co.” (MSC) dan memiliki panjang 294 meter.
Kapal berbendera Malta ini, setelah sejam lebih berkutat
untuk melepaskan diri, akhirnya berhasil. Kapal kemudian melanjutkan perjalanan
ke Sines, Perancis. Alasan kapal kandas masih belum diketahui.
Sejauh ini tidak ada polusi akibat kapal kandas sejenak.
Kedalaman selat saat itu diperkirakan sekitar 11 meter. Kapten kapal sempat mengirmkan
pesan ke Vessel traffic Service Center (VTS) dan “Turkish Coastal Dafety
Administration” mengirim kapal pandu “Kurtama 10”.
Kejadian kandas terjadi di Cardak Bank, dekat propinsi
Gallipoli, Turki. Kapal ini diawaki 29 anak buah kapal (ABK) dan muatan
kontainer di atas kapal sekitar 38.955 ton, termasuk minyak 2.506 ton dan solar
179 ton.
Area yang sama pernah jadi momok kapal MSC saat kapal
kontainer “MSC Roberta” di tahun 2005 lalu, bertabrakan dengan kapal “Aegean
Wind”. Saat itu, 3 (tiga) kru kapal MSC Roberta meninggal dunia. Turur berduka.
Berhati-hatilah ...
Sumber : SN-TR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar