Sebuah studi
yang diadakan oleh Gaztransport et
Technigaz (GTT – sebuah perusahaan mesin kelautan), CMA CGM (perusahaan pelayaran Perancis) dan DNV GL (biro klasifikasi internasional), merilis fakta kapal 20.000
TEUs tanpa ruang mesin !
Wuih wuih
wuiiiih. Sebuah media yang merilis pernyataan tersebut yaitu Maritime Executive menyebutkan, kapal
dimaksud pastinya bertenaga LNG ato
gas alam cair, dimotori oleh COGAS
(combined gas) dan dilengkapi turbin uap
serta dipandu secara elektronik.
Bila semuanya
ditempatkan di dek yang sama ato berdekatan mirip kapal jaman baheula (ruang
mesin konvensional), maka kapasitas muat untuk kargo bisa bertambah kira-kira 300 slot, silahkan dibandingkan bila
harus menempatkan ruang mesin seperti saat ini (heavy fuel oil-fuelled ship).
Kapal kontainer
berkonsep “PERFECT” (Piston Engine Room
Free Efficient Containership”) dipercaya
dapat menghasilkan duit lebih banyak dan mengurangi masa waktu cicilan – bila
kapal tersebut dibeli dengan duit perbankan.
Malah kapal
berkonsep PERFECT ini diklaim bisa
menghasilkan efisiensi yang lebih baik serta fleksibilitas dibanding kapal 20.000 TEUs dengan ruang mesin disain
saat ini. Kapal dengan sistem COGAS memiliki kelebihan tersendiri (sori, teknis
bingitz).
Tahap
penyempurnaan berikutnya dari proses disain ini bertujuan untuk mengoptimalkan
sistem propulsi dan disain kapal guna mencapai tingkat efisiensi yang lebih
besar dan ujung-ujungnya, peningkatan kapasitas kargo.
Siiip, semoga
sukses.
Sumber : Dari
Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar