Berbagai
upaya dilakukan port operator, agar bisa menggaet jumlah optimum volume yang
diharapkan. Yang dideketin pastinya perusahaan pelayaran tapi kalo yang punya
saham perusahaan pelayaran, gimana ?
Itu uniknya. Jaman
sekarang pelayaran besar rata-rata punya termina, dengan dalih untuk
mempermudah proses bongkar muat walau di balik itu, pelayaran dimaksud harus
punya duit yang gak berseri supaya bisa eksis. Prestise he he he (selain kudu
untung).
Ceritanya
nih, pelayaran kedua terbesar di dunia setelah “Maersk Line”, yaitu “Mediterranean
Shipping Co.” (MSC) – yang nota bene memiliki dedicated terminal di
pelabuhan Valencia – lagi ngapgred (upgrading)
peralatan berat supaya jozz.
Alkisah,
vendor alat berat disono Kalmar
(afiliasi Cargotec), baru aja memenangkan kontrak penyesuaian ship-to-shore (STS) di MSC terminal di Valencia supaya bisa menangani kapal berkapasitas 19.000 TEUs.
Crane ini bakal dioperasikan mulai mid-2017.
Crane yang ada saat ini, hanya mampu untuk mengakomodir kapal 16.000 TEUS tetapi khan MSC punya
banyak kapal gede, tanggung aja. Mending diibas aja sekalian he he he.
Bagi MSC, ini
merupakan kontrak terbesar yang pernah ada hingga saat ini. Upgrading STS di
Valencia bisa jadi merupakan yang pertama di dunia seiring dengan semakin
banyak kapal gede beroperasi di rute
Asia – Eropa (AE).
Bagi MSC,
Valencia memiliki nilai strategis, selain sebagai transshipment port di area Semenanjung
Iberia, juga berfungsi sebagai gerbang
distribusi di Eropa sebelah selatan. Valencia meng-handle 1,6 juta TEUs rata-rata per tahunnya.
Congrats !
Sumber : Dari
Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar