Tahun ini, pelayaran Korea Selatan bakal men-scrap
(membongkar ? entahlah, rasanya belum ada istilah yang cocok) 13 unit kapal,
mulai dari kapasitas 4.024 TEUs hingga 5.302 TEUs. Jumlah pastinya 6 x 4.024
TEUs. Sisanya ya bisa diprediksi kapal 5.000an TEUs tadi.
“Hanjin Shipping “ (HJS) menjual kapal yang dibangunnya, antara 1996 hingga 1998 tsb, kepada pihak yang berminat dan akan di-scrap di
sekitar India sana. Kapal ini dipakai HJS di rute Trans Pasifik (TP) dan belakangan dioperasikan di Asia - India,
Kapal pertama yang di-scrap adalah “Hanjin Shanghai”,
sudah tiba di Alang akhir Januari 2014 lalu. Dalam beberapa bulan kemudian akan
disusul dengan kapal-kapal lainnya. Sejatinya, kapal ini bisa dieksekusi sejak
4 tahun lalu saat kapal-kapal tersebut ditransfer ke KAMCO.
KAMCO ato Korea Asset Management Company, yang memberikan
bantuan untuk menyelamatkan HJS. KAMCO mengambil-alih kapal-kapal HJS (under
sale and leaseback deal) untuk mendapatkan suntikan dana dan kapal-kapal
tersebut tidak jatuh ke pihak asing. Gitu.
Seperti diketahui, mulai bulan Maret ini HJS bakal mulai
mengoperasikan kapal 10.000 TEUs yang disewa dari Seaspan Inc. Kedepannya,
kapal-kapal kecil dan mediam akan mengalami nasib serupa, digantikan dengan
kapal-kapal gede yang lebih efisien.
Congrats deh.
Sumber : SN-TR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar