Ambisi pelayaran besar Jerman, “Hamburg-Sud” (H-S) untuk menjadi spesialis
di sektor reefer cargo tak terbendung lagi. Kapal yang dipesan seri “Cap San
Class” dengan kapasitas 9.600 TEUs, dilengkapi dengan 2.100 reefer-plug dan
merupakan yang terbesar saat ini.
H-S memesan 6 unit kapal Cap San Class dengan pertimbangan, pertumbuhan
potensi angkutan komoditi reefer per tahunnya, di kisaran angka 4-5 persen.
Jadi H-S mengantisipasi pertumbuhan kargo reefer dengan memperbanyak kapal anyar dengan fasilitas reefer-plug.
Investasi untuk menekuni bidang refrigerated cargo, H-S mengalokasikan dana
USD 122 juta sejak tahun 2010 lalu. Namun harus diakui untuk meningkatkan
pengaruh harga di sektor reefer masih mengalami kendala karena permintaan pasar
yang juga lesu selama beberapa tahun belakangan ini.
Peter Frederiksen selaku salah satu eksekutif H-S mengakui kekecewaan yang
dialami timnya. Harga reefer sejak tahun 2009 lalu hanya beranjak sekitar 5
persen doank, sementara harga bahan bakar sudah meroket sekitar 50 persen.
Secara umum, H-S akan menanggung beban biaya investasi dan dalam beberapa
tahun ke depan tampaknya harus prihatin. Secara faktual, bahwa H-S melakukan
peremajaan kapal dengan industri canggih dan kemampuan "membaca" pasar, masih
perlu pembuktian.
Guna menghindari beban biaya yang tinggi, kemungkinan besar kapal Cap San
Class yang saat ini dioperasikan di rute Asia – Amerika Selatan pantai timur
(ECSA), akan digeser dulu ke rute Eropa – ECSA alias east coast south america.
Kapan mulai berlakunya ? Bila tak ada perubahan keputusan, kebijakan baru
ini akan diterapkan mulai bulan April 2014 mendatang. Bravo !
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar