Di minggu ke-39 (22-28/09) di tahun 2013, sejumlah kapal
baru menghiasi keberagaman kapasitas dan servis yang ditawarkan operator
sehingga bila tidak diimbangi dengan peningkatan volume, bisa membuat pembuat
keputusan naik darah xi xi xi. Apalagi Sales force di lapangan, puyeng 7
(tujuh) keliling deh.
Setidaknya ada 4 (empat) kapal besar yang diserahkan
pihak galangan kepada pelayaran (bisa kapal sewa maupun milik loh ya): "APL
Charleston" (8.500 TEUs), "Balsa" (2.500 TEUs), "CSAV
Traiguen (8.600 TEUs) dan "RHL Calliditas" (4.620 TEUs).
"APL Charleston" diserahkan pihak DSMR Korsel
kepada APL dan bakal dioperasikan di rute Asia - Timur Tengah dengan nama "WAX"
sedangkan mitra kerja di rute ini. "MOL" akan memasang nama
servis "CMI". APL Charleston merupakan kapal ke-6 dari 12 unit yang
dipesan dan akan menggantikan tugas "APL Turkey" (6.350 TEUs).
"Balsa"
dibuat
oleh galangan RRCina, Jiangsu Yangzijiang Shipbuilding dan pemiliknya yakni
non-operating owner asal Norwegia, "Klaveness Maritime".
Kapal berkapasitas 2.500 TEUs ini disewakan kepada "Mariana Express Line"
(MELL) dan akan dioperasikan di ruta Asia Timur ke Australia utara
dengan nama "ANA".
Klaveness awalnya memesan 4 (empat) unit kapal jenis
namun kabarnya yang jadi cuma 3 unit dan kapal ke-4 "Balearas"
dijual ato dibatalkan, hingga saat ini gak ada kejelasan. MELL akan memasang
Balsa di ANA dengan rotasi sbb: Darwin - Port Moresby - Townsville -
Kaohsiung - Shanghai - Qingdao - Hong Kong.
"CSAV
Traiguen" merupakan milik "Zodiac Maritime"
dan saat ini disewakan kepada pelayaran Cile, "CSAV". Kapal ini
dibangun di galangan milik DSME yang berada di Rumania, "Daewoo-Mangalia Heavy
Industries" (DMHI) dan merupakan kapal ke-2 dari total 4 unit yang
dipesan.
Seperti NOO maupun pelayaran lainnya, saat kondisi
perekonomian global kurang menguntungkan maka mereka meminta pemunduran jadual
penyerahan. Zodiac memesan kapal ini di bulan April tahun 2011 dan minta
pemunduran beberapa bulan. Tiga unit kapal bakal berada dibawah kontrol Zodiac
sedangkan 1 (satu) unit lainnya direlokasi ke "Eastern Pacific
Management".
Kapal CSAV Traiguen memiliki spesifikasi panjang
299,99 meter (tanggung banget ya, tinggal dibulatkan jadi 300 meter)
dan lebar
48,20 meter (19 row) dengan bobot 116.000 dwt. Kapal ini akan
dioperasikan di "Andes Express 1" yang dioperasikan bersama
"MSC" dan "CMA CGM".
Sesuai namanya, "RHL Calliditas" merupakan
kapal pesanan dari NOO Jerman, "Reederei Hamburger Lloyd" (RHL) dan
kapal ini merupakan yang terakhir dari 4 unit yang dipesan. Kapal bertipe SDARI
ini merupakan "small over-panamax" yang dipesan di
RRCina, "Chengxi Shipyard" (2 unit) dan "Jiangnan
Shipbuilding" (2 unit juga).
Tindakan RHL sebenarnya agak spekulatif saat itu namun
kini kapal tersebut sudah disewa "CMA CGM" dan akan diberdayakan di
Asia - Afrika barat "AFEX" - bermitra dengan Maersk Line dan
Safmarine ("FEW3"). Kapal bertipe SDARI 4600 ini memiliki panjang
259,80 meter dan lebar 37,30 meter (15 row).
Sumber : LV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar