Awal September 2013, kembali menggelontor seri kapal baru
dan kapasitasnya lumayan gede buat memenuhi pasar saat ini yang sedang melempem
akibat situasi ekonomi dunia yang tengah dilanda kelesuan. Hmm gimana jadinya
ya ?
Yang pertama. APL (NOL Group) mendapat kapal
"APL Savannah" (8.500 TEUs) yang akan dipasang di rute Asia -
Amrik pantai barat "SAX". Awalnya, pihak APL memesan 10
unit kapal 8.000 TEUs namun setelah dipelajari lebih lanjut, akhirnya
dirubah menjadi 8.500 TEUs serta menggenapkan order jadi 12 unit (selusin). Pihak
DSME sih ok-ok aja.
Kapal APL Savannah merupakan kapal yang ke-5, mengikuti "APL
Phoenix" yang dikirim bulan Agustus lalu. Kompetisi bakal tambah
seru nih. Lantas selanjutnya, kiriman kapal baru untuk OOCL yang bermarkas di
Hong Kong SAR.
"Samsung
Heavy Industries" (SHI) menyerahkan kapal terbaru "OOCL
Bangkok" (13.208 TEUs) belum lama ini dan merupakan kapal ke-7
dari total order di bulan Maret 2011 sebanyak 10 unit. Kapal ini mengikuti "NYK
Hermes" yang dikirim Juli lalu. Dari 10 unit ini, alokasinya 6
unit akan dioperasikan sendiri oleh OOCL dan 4 lainnya disewakan ke NYK Jepang.
Masuknya "OOCL Bangkok" berarti melengkapi
armada kapal di Loop 5 aliansi G6 Asia Eropa (AE), yang terdiri dari kapal
kapasitas diatas 13.000 TEUs, dengan komposisi : H-L 4 unit, HMM 4, OOCL 2 dan
MOL menyumbang "MOL Quest" (1 unit saja). Total 11 kapal +13.000 TEUs
!
Info penutup datang dari Hamburg-Sud (H-S)
spesialis utara-selatan, yang baru saja mendapatkan kapal anyar "Cap
San Augustin" (9.669 TEUs). H-S awalnya memesan 10 unit kapal tipe
ini namun kemudian ada opsi tambahan 3 (tiga) unit sehingga totalnya mencapai 13
unit !
Tipe "Cap San" memiliki jumlah reefer-plug
terbanyak di dunia dan mengalahkan kapal kontainer besar manapun dalam hal
pengadaan fasilitas tersebut, yakni 2.100 generator untuk barang berpendingin.
Kapal ini disebut juga kapal reefer terbesar di dunia.
Kapal Cap San Augustin merupakan kapal ke-4 dari total pesanan 10 unit pertama.
Dari total 10 unit, 6 unit dibiayai H-S sedangkan 4 unit
lainnya didanai non-operating owner (NOO) Enesel. Setelah itu, H-S meminta
tambah 3 unit lagi ke galangan "Hyundai Heavy Industries" (HHI).
Kapal ini akan dioperasikan di Asia - ECSA dan mitra kerja lainnya : Hanjin,
CSCL dan CSAV.
Congrats buat semuanya. September ceria nih yeee.
Sumber : LV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar