Rejeki gak akan kemana-mana, begitu pepatah wong bijak di republik ini. Padahal
bisa aja, pihak galangan kapal Korea Selatan ini sudah bersusah payah melobi,
tapi kita cuma ngeliat hasilnya doank. Kayaknya gampang, namun sesungguhnya
butuh perjuangan dan do'a.
Adalah "Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering" (DSME) yang kedapatan mendapat rejeki nomplok dengan membukukan kontrak senilai KRW 422 juta (setara USD 422 juta) dari Pelanggan Asia yang gak mau ato blon mau disebutkan identitasnya. Jumlahnya 3 (tiga) unit kapal kontainer yang memiliki kapasitas 18.000 TEUs.
DSME gak mau mengeluarkan detil kontrak namun harga per unit kapal ditaksir USD 140,67 juta dan itu merupakan harga pasaran untuk kapal 18.000 TEUs. Untuk diketahui saja, kapal ini minta dikirimkan mulai Desember 2015 mendatang dan seterusnya.
Untuk diketahui saja, sekitar 2 (dua) bulan lalu sekitar bulan Juli 2013, "Hong Kong Asset Management" (HKAM) telah menempatkan order 3 x 18.000 TEUs di DSME dengan masa kirim mid-2015. Ada indikasi tambahan 3 unit diatas merupakan opsi yang diminta oleh penyewa maupun si pemesan yang sama. Kalo betul, total order jadi 6 x 18.000 TEUs.
Asumsi yang diajukan simpel. Tiga unit 18.000 TEUs HKAM akan disewa untuk waktu jangka panjang ke MSC dan diperkirakan kedua belah pihak mengambil opsi tambahan diatas. Kebetulan pihak HKAM belum memiliki bagian "ship management" maka status sewa ke MSC diperkirakan "bare-boat charter". Alternatif lain, HKAM akan menunjuk pihak ke-3 untuk menjadi ship-management.
Tinggal menunggu konfirmasi lebih lanjut nih. Sabar ya.
Sumber : LV.
Adalah "Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering" (DSME) yang kedapatan mendapat rejeki nomplok dengan membukukan kontrak senilai KRW 422 juta (setara USD 422 juta) dari Pelanggan Asia yang gak mau ato blon mau disebutkan identitasnya. Jumlahnya 3 (tiga) unit kapal kontainer yang memiliki kapasitas 18.000 TEUs.
DSME gak mau mengeluarkan detil kontrak namun harga per unit kapal ditaksir USD 140,67 juta dan itu merupakan harga pasaran untuk kapal 18.000 TEUs. Untuk diketahui saja, kapal ini minta dikirimkan mulai Desember 2015 mendatang dan seterusnya.
Untuk diketahui saja, sekitar 2 (dua) bulan lalu sekitar bulan Juli 2013, "Hong Kong Asset Management" (HKAM) telah menempatkan order 3 x 18.000 TEUs di DSME dengan masa kirim mid-2015. Ada indikasi tambahan 3 unit diatas merupakan opsi yang diminta oleh penyewa maupun si pemesan yang sama. Kalo betul, total order jadi 6 x 18.000 TEUs.
Asumsi yang diajukan simpel. Tiga unit 18.000 TEUs HKAM akan disewa untuk waktu jangka panjang ke MSC dan diperkirakan kedua belah pihak mengambil opsi tambahan diatas. Kebetulan pihak HKAM belum memiliki bagian "ship management" maka status sewa ke MSC diperkirakan "bare-boat charter". Alternatif lain, HKAM akan menunjuk pihak ke-3 untuk menjadi ship-management.
Tinggal menunggu konfirmasi lebih lanjut nih. Sabar ya.
Sumber : LV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar