Secara perlahan dan hati-hati, aliansi strategis 6 (enam)
pelayaran besar mulai merevisi servis Loop 1, dimana kapal-kapal yang dipakai
merupakan milik "MOL" dan "NYK". Seperti diketahui, servis
AE Loop 1 G6 sempat berantakan akibat insiden kapal "MOL Comfort"
beberapa waktu lalu.
Aliansi "G6" yang terdiri dari "APL", "MOL", "HMM", "OOCL", "Hapag-Lloyd" (H-L) dan "NYK", mengoperasikan Loop 1 dengan andalan kapal MOL
dan NYK. Kabarnya per September 2013 ini, Loop 1 yang menyiapkan 11 kapal akan
pulih seperti sedia kala, sekembalinya kapal-kapal MOL (sisterships) yang
sempat masuk galangan untuk proses pengecekan ulang dan perkuatan lambung.
Juni lalu merupakan hari yang tak terlupakan bagi MOL dan
mitra kerjanya di G6, saat kapal "MOL Comfort" (8.540 TEUs) mengalami
kerusakan lambung dan terbelah 2 bagian, hingga akhirnya tenggelam. Saat
itulah, seluruh sisterships MOL Comfort di-kandang-kan dan harus melalui
pengecekan ulang.
Kini setelah semuanya selesai. MOL berniat memulihkan
operasional Loop 1 sekaligus citranya. Saat ini, MOL masih menyimpan C-class di
galangan : "MOL Competence" dan "MOL Charisma" namun
kapal-kapal ini tidak dialokasikan masuk Loop 1 karena di tahun ini, MOL
menyewa 3 (tiga) kapal APL yang berkapasitas 13.900 TEUs.
Masuknya kapal-kapal gede ini cukup "memberikan nafas"
akibat insiden MOL Comfort dan berikut ini rotasi Loop 1 : Rotterdam - Hamburg
- Southampton - Le Havre - Suez Canal
(way point) - Singapura - Hong Kong - Kobe - Nagoya - Shimizu - Tokyo - Hong
Kong - Vung Tau (Cap Mei) - Singapura - Jeddah - Suez Canal - Rotterdam.
Congrats ya buat MOL maupun G6 dan semoga servis Loop
1-nya betul-betul pulih kembali. Good luck !
Sumber : LV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar