Wah wah wah, semakin serem
aja nih ngeliat gambaran di penghujung tahun 2011. Kapal yang nganggur (idle
ships) pun terus bertambah, ditambah lagi mendekati liburan akhir tahun terus
nyambung ke Imlek. Wah runyem deh.
Bukti itu sudah di meja editor,
sampe awal November 2011, jumlah kapal yang ngetem agregatnya mencapai 439.000
TEUs ato persentasenya mendekati angka 2,9 dari total armada kapal kontainer
yang ada di dunia.
Secara nominal, jumlah kapal
yang nganggur menurun, dari 185 unit menjadi 180 unit cuma kapal idle
kapasitasnya jauh lebih gede jadi kontribusi totalnya mempengaruhi agregat
tadi. Kapal 5.000 TEUs dioperasikan tapi yang masuk antrian nganggur 7.500
TEUs, ya wassalam deh.
Menurut Alphaliner, kapal
gede (ka-ge) biasanya dioperasikan kembali mendekati Natal, Tahun Baru dan
Imlek. Setelah itu, gak janji lah yaw. Kapal 4.000 – 5.000 TEUs menjadi andalan
pelayaran gede sekelas Maersk dan MSC.
Selama masa pelaporan ini,
kedua pelayaran besar ini berkontribusi memarkir kapalnya sejumlah 214.000 TEUs
ato sekitar 56 unit (kapal milik dan sewa). Belum lagi pelayaran besar lain.
Intinya itu tadi, inilah masa-masa krisis industri maritim.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar