Akibat volume yang tak
kunjung membaik di seantero dunia, dampak terparah ada Asia – Eropa (AE) dan
Trans Pasifik (TP), Amrik sana. Kini mulai merembet ke area dagang Meksiko dan
Amerika Selatan (Amsel).
Buktinya, 5 (lima) pelayaran
global sepakat menyesuaikan kapasitas yang ada dengan potensi yang tersedia,
ketimbang harus perang harga dan mengoperasikan kapal malah rugi. Terhitung
mid-November ini akan melebur 3 loop yang ada menjadi 2 loop aja.
Ke-5 pelayaran tersebut
adalah Hamburg-Sud (H-S), CCNI, China Shipping Container Lines (CSCL), Hanjin
Shipping (HJS) dan Hyundai Merchant Marine (HMM). Loop 1 H-S menyediakan 10
unit, CCNI 1. Di Loop 2, CCNI, CSCL dan HJS menyediakan masing-masing 3 unit
dan 1 unit HMM.
Rotasi Loop 1 : Keelung – Hong Kong – Xiamen – Ningbo –
Shanghai – Pusan – Lazaro Cardenas – Manzanillo – Buenaventura – Callao –
Iquique – Puerto Angamos – Valparaiso – Keelung. Kapal rata-rata berkapasitas
5.500 TEUs, jumlah 11 unit.
Rotasi Loop 2 : Ningbo –
Shanghai – Shekou – Hong Kong – Pusan – Manzanillo – Buenaventura – Guayaquil –
Puerto Angamos – Valparaiso – San Vicente – Manzanillo – Pusan – Shanghai. Di
servis ini ada 10 kapal berkapasitas antara 3.100 – 4.500 TEUs.
Dua loop ini merupakan hasil
perkawinan 2 servis yang dimiliki H-S dan CCNI : CEX/NAX sedangkan HJS – HMM
dan CSCL menggunakan servis ALW/NPX. Kombinasi berhasil menekan total
kapasitas 1.500 TEUs per minggu ato secara total mendekati 9.500 TEUs.
Begitu deh kompetisi kadang ganas namun disisi lain
menyadarkan pelayaran global untuk bisa berkolaborasi. Bisa khan ? Kenapa ngga
?
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar