Perusahaan pelayaran Jerman, Hapag-Lloyd (H-L) telah menjual 7 (tujuh) kapal yang memiliki kapasitas 9.326 TEUs ke pihak Bank of Communications Financial Leasing (Bocomm Leasing) untuk harga yang tidak disebutkan.
Ke-tujuh kapal dimaksud : Cauquenes, Cautin, Cisnes, Cochrane,
Coyhaique, Corcovado + Copiapo,
yang disetujui di bulan Mei +
Juli 2020 dan kapalnya didaftar ulang menjadi Bocomm Leasing sebagai sang pemilik.
Kapal2 tersebut dioperasikan oleh
CSAV (Compania Sudamericana de
Vapores) – afiliasi H-L yang sempat diakuisisi
beberapa waktu lalu – dan saat terjadinya transaksi jual beli, valuasi nilai harga per kapal USD 74
juta.
Kapal2 diatas boleh dibilang
masih baru, dibangun di galangan kapal Korea
Selatan, Samsung Heavy Industries (SHI) untuk
masa pengiriman tahun 2014
+ 2015. Kapal2 ini disewa balik oleh
H-L karena untuk menjaga likuiditas
keuangan perusahaan.
Untuk diketahui, semenjak
timbulnya wabah Coronavirus di dunia, H-L memiliki Performance
Safeguarding Programme, yakni program
untuk melakukan efisiensi agar kinerja perusahaan tetap bisa kinclong.
Kapal2 ex CSAV tersebut disewa
kembali oleh H-L untuk masa sewa hingga 12
tahun alias sewa
jangka panjang. Kapal2 ini pun tetap
dioperasikan di rute Asia –
Amerika Selatan. Sejauh ini belum
ada perubahan mendasar.
Aktifitas Bocomm Leasing sendiri
bagi sebagian orang masih awam. Bocomm Leasing mulai mengakuisisi kapal2
kontainer sejaka awal 2020, justru disaat perusahaan pelayaran global berpikir
untuk menguranginya.
Juni
2020, Bocomm membeli 5
x 12.690 TEUs dari Costamare (Yunani), di
bulan Maret 2020 Bocomm juga membeli
4 x 11.923 TEUs dari Seaspan Corp. (Kanada) serta mengakuisisi
2 x 9.954 TEUs + 2 x 8.204 TEUs dari Navios Maritime (Yunani).
Lha lantas kapal2 tadi dikemanain
tuh ? Oleh Bocomm disewakan kembali ke operator, semisal H-L, CMA CGM dan juga ANL.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar