Aliansi strategis 2M yang
dikawal Maersk + Mediterranean
Shipping Co. (MSC) sejak minggu lalu
sudah mulai memperkuat armada di rute Asia
– Eropa (AE) walau secara hatga masih boleh dibilang segitu2 aja.
Dari pihak 2M pada prinsipnya, loop AE2 (milik Maersk) / Swan (milik MSC) tetap akan dinon-aktifkan sampe Oktober 2020 sembari nunggu perkembangan, karena perkiraanya
kondisi perekonomian masih belum stabil.
Tapi pihak memasang kapal MSC Taranto kapasitas 14,036
TEUs – menurut Alphaliner
– untuk mengantisipasi kenaikan volume selama musim
panas. Rute pelayaran MSC Taranto : Shanghai
– Ningbo – Yantian – Singapura - Tanjung Pelepas – Rotterdam – Antwerp -
Felixstowe.
Dengan absennya servis AE2 / Swan
diatas, setidaknya bakal ada 13
jadual pelayaran yang hilang ato setara
dengan 22 persen kapasitas. Setelah MSC Taranto direncanakan MSC Evora 13.568 TEUs yang akan menyapu muatan. Woooow !
Kapal2 tambahan ini akan dioperasikan bila volume menunjukkan peningkatan significant dan pengamat
sepakat menyebut kapal tambahan sebagai sweeper
dimana di servis lain pun kapasitas akan disesuaikan.
Alphaliner bahkan menyebut bahwa
2M bakal meng-upgrade kapal2 di loop AE6
/ Lion dari kapal berkapasitas 13.500 TEUs, menjadi
18.000 TEUs, termasuk memasang MSC Mia yang memiliki kapasitas 23.656
TEUs.
Hmm persiapan yang matang bagi 2M
dalam mengantisipasi peningkatan volume. Semoga berhasil.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar