Woow bingitz
sih … disaat pelayaran global lainnya megap-megap alias kelimpungan cari
peluang pasar yang menguntungkan, ehh gak dinyana “CMA CGM” malah berhasil membukukan net profit di kuartal 1 –
2015 USD 406 juta.
Hal itu bila
dibandingkan dengan pendapatan tahun lalu di periode yang sama. Hitung punya
hitung, kenaikannya hampir 419 persen.
Top abiiiiz. Pendapatan (revenue)
yang diraih mencapai USD 4,01 milyar ato
naik 1,8 persen.
Secara
volume, pelayaran asal Perancis ini
berhasil mengangkut 3,1 juta TEUs ato
naik 10,5 persen. Disaat tingkat
harga mencapai batas terendah, maka dengan kata sakti “profit”, pelayaran sudah boleh bangga.
CMA CGM
menikmati kenaikan cukup fantastis karena jalinan kerjasama dalam aliansi
strategis “Ocean 3” (O3), bersama “UASC” dan “CSCL” dan rute yang
disebut-sebut memiliki kontribusi besar yakni rute Amrik. Kondisi pasar di Amrik juga lagi lumayan.
CMA CGM
berhasil membuka 5 (lima) rute anyar
ke Amrik, sukses memperluas jaringan hingga 655 keagenan di 160 negara.
Bahkan per tgl 11/05 lalu, pelayaran no. 3 terbesar didunia ini
dipercaya mengelola sektor logistik di Jamaika
– kawasan Karibia situ deh.
Perusahaan
sangat diuntungkan dengan program
efisiensi dan pengelolaan biaya,
ditambah lagi turunnya harga bahan bakar
(biaya bunker per TEU turun 36,5 persen)
sehingga konsep jualannya kena ke Pelanggan. Jadi, termasuk strateginya jitu
juga sih.
Lembaga
pemeringkat sekelas “Moody’s” aja
menaikkan credit rating CMA CGM menjadi B1 dengan kategori stable outlook. Padahal diakui oleh
semua pelayaran, harga di rute Asia-Eropa
(AE) lagi ancur-ancuran (volatile) sejak Imlek lalu – Februari 2015.
Armada kapal
CMA CGM malah terus bertumbuh dengan adanya penambahan 3 x 20.600 TEUs untuk periode 2016/2017.
Bahkan CMA CGM LOG sebagai afiliasi,
belum lama ini mengakuisisi LCL Logistix
India untuk memperkuat kehadirannya.
Wes, poko’e
top markotop deh. Bravo.
Sumber : Dari
Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar