Rabu, 31 Desember 2014

JT 311214 : Catatan Akhir Tahun 2014

DESEMBER:
Pesawat Airbus milik maskapai penerbangan “AirAsia” flight QZ8501 hilang kontak dan ditemukan menjadi puing di sekitar Pangkalan Bun (Kalsel), “Evergreen” menyewa 6 x 18.000 TEUs Bagi “CKYHE”, “MSC Oscar” (19.224 TEUs) menjadi kapal kontainer terbesar di dunia setelah menyisihkan “CSCL Globe” yang baru sebulan masuk armada China Shipping, “CSCL Globe” (19.1000 TEUs) lakukan maiden-voyage di awal Desember, Kapten Kapal “Al Safat” (UASC) ditahan dan PT KAI Commuter Jabodetabek / PT KCJ lakukan penambahan jadual perjalanan untuk meningkatkan kapasitas.

NOVEMBER:
Jalur Sutera 6.200 Mil Diuji-coba, “CMA CGM” Akuisisi “OPDR”, “Samudera Indonesia” salah satu perusahaan pelayaran nasional merayakan hari jadinya yang ke-50 serentak,  pelayaran “Horizon Lines” dikabarkan ambruk secara perlahan akibat kompetisi yang ketat. CSCL Terima Kapal Kontainer Terbesar “CSCL Globe” (19.100 TEUs) dan “CSAV” Terima Dua kapal Anyar.

OKTOBER:
“DSME” terima order 3 x 18.000 TEUs, Perseteruan Antar Aliansi “2M” dan “O3” Memuncak, Ignasius Jonan (Dirut PT KAI) Dipercaya menjadi Menteri Perhubungan di Kabiner Kerja Jokowi-JK, “Zim Line” dikabarkan mulai waras lagi, “Meratus Line” merayakan hari jadi yang ke-57 dan “CKYHE” perluas lingkup kerjasamanya.

SEPTEMBER:
Aksi mogok pilot “Air France” berakhir, PT Kereta Api Indonesia (Persero) merayakan hari jadi yang ke-69, merger antara pelayaran “Hapag-Lloyd” (H-L) dengan “CSAV” mendapat restu dari Uni Eropa, virus Ebola semakin menggila di bumi Afrika, aliansi strategis anyar terbentuk “Ocean Three” / O3.

AGUSTUS:
“Evergreen” mulai karyakan kapal 13.000 TEUs, pelayaran “Hamburg-Sud” dekati pelayaran Cile “CCNI”, maskapai penerbangan “Alitalia” mendapat bantuan dari “Etihad”, OOCL tunda pengiriman kapal 8.888 TEUs sedangkan “MSC” tetap menerima kapal-kapal besarnya di bulan ini.

JULI:
Pesawat “Air Algerie” hilang kontak dan kabar terakhir - jatuh, pesawat “TransAsia” juga jatuh di Taiwan, “CSBC” serahkan kapal “Ever Loading” (8.508 TEUs) ke pihak Evergreen, boss kapal feri “Sewol” ditemukan tewas, pesawat MAS MH-17 jatuh dirudal kaum separatis dan Rolf Habben Jansen bergabung dengan Hapag-Lloyd.

JUNI:
“K” Line tambah order 2 x 7.500 TEUs, kapal kontainer “CMA CGM Magellan” jadi obyek kolase, pemerintah Perancis mendesak pihak “Maersk Line” untuk membersihkan 500 kontainer yang terjatuh dari kapal “Svenborg  Maersk” dan Uni Eropa setujui aliansi “P3” dan “G6”.

MEI:
“Zim Line” tuntaskan program restrukturisasi, petinggi “Rickmers Linie” di Amrik diganti, kerusuhan anti-Cina meluas di Vietnam, “Hanjin Shipping” hadapi program restrukturisasi, bangkai pesawat MAS MH-370 menjadi misteri dan KA Bogowonto ditabrak truk.

APRIL:
Kapten kapal feri “Sewol” diancam hukuman mati, pemerintah Amrik setujui merger 2 (dua) maskapai besarnya yaitu AA dan US Air, “NYK” sewa 8 x 14.000 TEUs, “Kyowa Shipping” perkuat biz reefer, produsen semen “Lafarge-Holcim” melebur, profit CMA CGM dan Wan Hai naik serta KA Malabar alami musibah di Tasikmalaya.

MARET:
Pelayaran Cile “CSAV” setju merger dengan pelayaran Jerman “Hapag-Lloyd” (H-L), “Hanjin Shipping” scrap 13 unit kapal, pesawat komersial milik Malaysia Airlines MAS MH-370 jatuh di Samudera Hindia, “UASC” gandakan pembangunan kapal 14.000 TEUs dan “Maersk Line” operasikan kembali “SeaLand” jadi feeder Intra-Amrik.

FEBRUARI:
“Mitsubishi Heavy Industries” (MHI} gak mau disalahkan atas tenggelamnya kapal “MOL Comfort”, “Evergreen” masuk aliansi strategis “CKYH” menjadi “CKYHE”, obat terlarang ditemukan di kapal “Maersk Alabama”, Gunung Kelud meletus dan berdampak di sektor transportasi, dan sulitnya menjual aset ex pelayaran “Pan Ocean”:.


JANUARI:
Pemkot Rauma beli aset “STX Finlandia”, isu merger “Hapag-Lloyd” (H-L) dengan “CSAV” mulai merebak, “CSCL” mulai pesan kapal 19.000 TEUs, “Zim Line” mulai lepas dari bayang-bayang Israel Corp., “HMM” jual aset untuk mengurangi beban dan Dirut PT Kereta Api Logistik (KALOG) Rustam Harahap tutup usia.

Tak lupa, dari lubuk hati terdalam, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan selama menerbitkan artikel dalam blog ini. Selamat tahun Baru 2015 dan sukses selalu buat semua.


              Disarikan oleh : RAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar