Beginilah kompetisi di industri
maritim kelas dunia. Belum lama ini, pelayaran RRCina “China Shipping Container
Lines” (CSCL) meluncurkan kapal yang diklaim terbesar di dunia, “CSCL
Globe” dengan kapasitas 19.100 TEUs.
Ehh gak perlu nunggu sebulan,
kebanggaan tersebut harus pupus seiring dengan bakal dirilisnya kapal terbaru
milik pelayaran terbesar ke-2 di dunia, “Mediterranean Shipping Co.” (MSC) yaitu “MSC
Oscar yang kabarnya memiliki kapasitas 19.224 TEUs.
Saat ini kapal MSC Oscar dalam masa
penyelesaian di gaangan kapal “Daewoo Shipbuilding & Marine
Engineering” (DSME), Korea Selatan. Kabarnya awal tahun 2015, kapal MSC
Oscar sudah bisa diserahterimakan.
Artinya, boleh-boleh saja “CSCL
Globe” menyandang gelar kapal kontainer terbesar saat ini namun bulan depan,
blon tentu. CSCL Globe saat ini tengah menyelesaikan maiden voyage-nya, dari
Asia menuju kawasan Eropa.
Secara ukuran panjang, kapal
MSC Oscar 395,4 meter, masih kalah panjang dengan CSCL Globe yang memiliki panjang
400 meter, demikian juga kapal Triple-E milik “Maersk Line”.
Kapal MSC menang di lebarnya, yakni 59 meter, sedangan kapal CSCL maupun
Maersk hanya memiliki lebar 58,6 meter.
Beda tipis ya tetapi untuk ukuran
keseluruhan, pengaruhnya luar biasa, Kapal MSC Oscar akan resmi masuk armada
MSC sekitar inggu ke-2 tahun 2015 dan bergabung dengan servis Albatros.
Kapal ke-2 seri ini (sistership) akan menyusul dioperasikan bulan April 2015.
Kayaknya, blon habis masyarakat
internasional menyaksikan kompetisi membangun kapal-kapal besar oleh para
raksasa pelayaran global. Kondisi ekonomi yang melambat tidak menghalangi
hegemonisme sebuah pelayaran besar untuk menguasai lautan, tanpa kecuali.
Selamat bertempur. Aje gileee deh.
Sumber : SN-TR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar