Melihat pentingnya koneksi pelabuhan kecil ke pelabuhan
besar dan adakalanya terganjal alokasi slot dari operator feeder. Dua pelayaran
global segera memperkuat layanan feeder dari area ke area lainnya. CMA CGM
menambah kapal di Yangoon dan MOL memperkuat rute Hong Kong - Haiphong.
MCC Transport (spesialis Intra Asia arahan APM-Maersk
Group) bakal mendukung feeder "Bengal 2" ato "Myanmar 2" di
rute Singapura - Yangoon. Sebelumnya, MCC dan Maersk Line menjadi pembeli slot
namun kedepannya bakal menempatkan kapal untuk mengukuhkan eksistensinya.
CMA CGM yang semula menamai servisnya "CM3"
akan disesuaikan menjadi "RG1". Tadinya hanya dilayani 1 (satu) unit
kapal doank, kini ada 2 (dua), yakni "Malte Ranbow" (1.118 TEUs)
kontribusi MCC dan "Morotai" (650 TEUs) kontribusi "Feeder
Associate System" (FAS) afiliasi dari CMA CGM.
Frekuensi Bengal 2 / RG1 yang semula setiap 12 harian,
kini menjadi mingguan. Rount-trip kapal dari 12 manjadi 14 harian agar klop
jadi weekly sailing schedule. Rotasinya sbb: Singapura - Yangon - Port Kelang -
Port of Tanjung Pelepas (PTP) - Singapura.
Info lainnya. Mitsui OSK Lines (MOL) dikabarkan
mengambil-alih kontrol layanan ulang-alik Hong Kong - Haiphong (HKG-HPH) yang
sebelumnya dioperasikan oleh "Bien Dong Shipping". Sebelumnya, MOL
menjadi pembeli slot di rute ini, dengan nama VH3. MOL bakal menempatkan kapal
barunya "MOL Horizon" (1.735 TEUs) dalam waktu dekat.
Setelah kapal siap sedia, MOL akan menyewa kapal
"Bien Dong Mariner" (1.016 TEUs) dan selanjutnya (per tgl 13/08)
layanan akan dioperasikan penuh oleh pelayaran Jepang ini. Bien Dong kedepannya
menjadi penyewa slot ke MOL. Oalaaah, risiko pelayaran kecil senantiasa
terlintas oleh kekuatan besar ya.
Buat CMA CGM, MCC maupun MOL, selamat berkarya dan sukses
selalu !
Sumber : LV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar