Produsen kontainer terbesar di dunia asal RRCina,
"Chinese International Marine Containers" (CIMC), melalui afiliasinya
CIMC Finance Leasing Hong Kong, minggu lalu memastikan pesanan 5 unit kapal
kontainer (compact wide-beam container ships) kapasitas 8.800 TEUs di "New
Century Shipbuilding". Rencana kirim tahun 2015 dan penyewa utama : "Mediterranean Shipping Co." (MSC).
Kontrak jangka panjang dengan MSC selama 17 tahun, dengan
harga sewa USD 25.000 per hari. Usai masa kontrak, MSC mempunyai opsi membeli
kapal tersebut seharga USD 21,5 juta di akhir masa kontrak. Detil kontraknya
belum turun semua tetapi garis besarnya seperti itu. Oh ya, harga kapal per
unitnya saat ini USD 85 juta ato nilai total transaksinya USD 425 juta.
Bagi CIMC, perjanjian 5 kapal baru ini merupakan yang
ke-3 kalinya dan MSC menerapkan strategi sewa jangka panjang.
Sebelumnya, di bulan September 2012, CIMC membangun 10 x
9.200 TEUs untuk kepentingan CMA CGM. Enam unit dipesan di galangan
"Dalian New Shipbuilding" sedangkan 4 unit lainnya diberikan ke pihak
STX Dalian namun berhubung sejak Juni lalu STX Group mengalami kesulitan
keuangan sehingga order ini dilimpahkan ke New Century Shipyard.
Bulan lalu, CIMC bersepakat dengan MSC membangun 7 x
8.800 TEUs compact-wide beam di Dalian New Shipbuilding, RRCina. Yang ngorder
CIMC loh ya. MSC penyewanya. Dengan perjanjian terkini, CIMC menempatkan
kembali pesanannya di New Century. Total pesanan untuk 2 pelayaran besar MSC
dan CMA CGM berjumlah 22 unit !
Luar biasa memang. Baru masuk biz ship-owning ehh
langsung melejit dan yang menggandeng pelayaran berskala global.
MSC bakal dapat 12 unit dan CMA CGM dapat 10 unit 9.200
TEUs. Menurut pengamat, kapal-kapal yang dipesan CIMC didisain dan dikembangkan
oleh tim internal CIMC sebagai upaya CIMC untuk menjadi NOO berkelas.
Berdasarkan catatan, order pihak MSC termasuk yang paling
besar dibanding pelayaran lain di dunia ini dan tergolong agresif dalam
kepemilikan kapal baru, termasuk juga kapal sewa. Pelayaran blasteran
Swiss-Italia ini memang mendominasi serial kapal 13.000 - 14.000 TEUs serta
9.000 TEUs. Aje gile deh.
Kedepannya, semua pelayaran mencari kapal yang memiliki
fleksibilitas serta memiliki kelebihan-kelebihan dibanding pelayaran pesaing.
Draft moderat dan minimal punya 1.000 reefer-plug itu sebagai salah satu
ukurannya.
Wooow ... Mantabz banget ya. Ada yang minat menyaingi
CIMC ? Kudu kuat fulus dan strateginya 'lah. Cuma modal duit doank juga kapal
bisa mangkrak. Xi xi xi gampang-gampang susah ya ? Congrats deh buat CIMC.
Sumber : LV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar