Seiring masuknya kapal-kapal lebih gede dari yang ada
sekarang ato sering disebut ultra-large containership (ULCS), Maersk Line bakal
merevisi rute-rute utama, berbarengan dengan masuknya kapal tipe
"triple-E" di AE10 dan menggeser kapal kelas 8.000 TEUs hingga 13.000
TEUs dan diatasnya, ke AE2.
Pergeseran ini pastinya sudah diperhitungkan dengan
matang, mengingat Maersk memesan 20 unit kapal triple-E. Jadi secara perlahan
kapal-kapal gede yang ada di AE10 bakal bergeser ke AE2, demikian juga armada
ex AE2 akan bergeser ke servis lain, yang lebih memerlukan peningkatan
kapasitas dan masih prospektif di mata Maersk.
Kapal pertama triple-E yakni "Maersk Mc-Kinney
Moller" berkapasitas 18.270 TEUs menjadi kapal kontainer terbesar saat
ini, dan akan disusul "Majectic Maersk" dan "Mary Maersk".
Saat ini, AE10 diperkuat armada kapal buatan Odense (milik Maersk) sebanyak 8
unit + 4 unit kapal sewa 13.092 TEUs buatan Hyundai. Total 12 unit kapal, dan
kini diperbesar kekuatannya. Wooow banget deh ya.
"Maersk Mc-Kinney Moller" bakal menggeser
"Maersk Elba" (13.092 TEUs) ke AE2 dan selanjutnya, "Majestic
Maersk" mendorong "Maersk Eubank" dan kapal ke-3 generasi EEE
"Mary Maersk" menggeser "Maersk Edmonton" ke AE2 semua.
Ketiga kapal ini termasuk kelas E dengan kapasitas 15.500 TEUs dengan pelopor
perdananya, "Emma Maersk".
AE2 yang secara perlahan mengalami peningkatan kapasitas,
nantinya mengoperasikan 11 unit kapal gede dengan rotasi 77 hari. Rute
pelabuhannya sbb: Hamburg - Antwerp - Felixstowe - Terusan Suez - Singapura -
Busan - Hakata - Dalian - Tianjin (aka Xingang) - Qingdao - Ningbo - Shanghai -
Hong Kong - Yantian (Shenzhen), Tanjung Pelepas , Terusan Suez - Le Havre -
Rotterdam - Bremerhaven.
Untuk info lebih detil, silahkan kontak kantor perwakilan
Maersk terdekat. Congrats ya.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar