Gak brasa, kerjasama antara pelayaran Korea Selatan, Hyundai Merchant
Marine (HMM) dengan aliansi
strategis 2M (Maersk +
Medierranean Shipping Co.) bakal segera
berakhir. Kelanjutannya gimana ?
Sebagai pelayaran yang sudah
terbiasa dengan urusan beginian, gak usah terlalu dipikirkan. Agen ato mitra
kerja fokus kerja aja, gimana caranya ngisi slot kosong yang harus dipenuhi,
supaya target tahunannya tercapai he 3x.
Prinsipal tahu apa yang harus mereka kerjakan. Kabarnya, HMM
bakal menarik 9
kapal yang sempat disewakan ke 2M,
kecuali 3 x 13.092 TEUs milik Danaos yang akan diambil 2M, sedangkan skema pembayarannya
dibagi dengan HMM juga.
Tiga kapal yang disewa HMM dari
Danaos saat itu (saat HMM mo ikutan partisipasi di 2M) memang diberi harga
khusus / diskon karena mempertimbangkan HMM yang lagi proses penyembuhan dari
krisis berat.
Nah pada saat itu juga posisi HMM
gak begitu kuat untik bisa maksa menjadi anggota penuh 2M sehingga perlu
disuntik dana dari bank pelat merak Korea dan akhirnya ditolak sebagai anggota
penuh 2M selain sekedar pembeli slot. Sakit juga ya.
Di sisi lain, HMM mencari opsi
dan disambut baik oleh akiansi lain yang butuh suntikan kapasitas lumayan
supaya bisa makin eksis. Maklum lawannya THE Alliance bukan kelas abal2
sehingga butuh mitra yang kuat.
Gak dinyana HMM yang sempat
sekarat kini mulai berangsur pulih dan bisa jadi salah satu pemain kuat di THE Alliance bersama Hapag-Lloyd,
ONE (Ocean Network Express : NYK, MOL, “K” Line) + Yang Ming.
Per tgl 01/04 HMM sudah resmi menjadi anggota
penuh THE Alliance dan mulai masuk vessel sharing agreement (VSA) bersama itra kerjanya. Lantas apa yang ditawarkan
HMM dengan masuk ke THE Alliance ?
Rencana mulai April hingga September 2020 ini, HMM akan menerima selusin
kapal anyar berkapasitas 24.000
TEUs dan bisa menjadi kapal
kontainer terbesar yang dioperasikan
operator saat ini.
Menurut rumah riset, Alphaliner, pengoperasian kapal anyar ini akan menambah
koleksi HMM serta menambah kapasitas 388.000
TEUs sehingga kapasitas terpasangnya menjadi 790.000 TEUS. Peningkatan yang luar biasa.
Jika semua terdistribusikan
dengan baik + lancar, peringkat HMM akan melejit ke urutan 8
dunia, serupa dengan posisi Hanjin Shipping (HJS) saat kerontokannya sekitar 2-3 tahun lalu.
Dengan kehadiran HMM pastinya
akan menambah kekuatan THE Alliance saat berperang dengan 2M ato Ocean Alliance. Kita tunggu perubahan apa yang akan terjadi usai
HMM merapat ke THE Alliance.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar