Setelah di tahun 2018 sempat rugi sebesar USD
44,6 juta namun bersyukur di tahun 2019 bisa membalik keadaan menjadi untung walau gak gede2 amat. Pelayaran Israel, Zim Line akhirnya membukan profit
USD 12 juta. Lumayan.
Zim hanya menyebutkan bahwa
kegamangan di pasar mempengaruhi secara significant revenue yang didapat.
Apalagi adanya isu
perang dagang Amrik-RRCina dan diperparah
dengan mewabahnya Coronavirus
belakangan ini.
Di sisi lain, Zim pun berupaya
menggodok strategi baru yakni menempel ke aliansi strategis 2M
selepas nanti ditinggal pelayaran Korea,
Hyundai Merchant Marine (HMM) yang sudah selesai kontraknya dan pilih pindah ke lain hati.
Sejak September 2019 Zim Line
mulai membeli slot di 2M khususnya rute Asia – Amrik pantai timur. Hingga akhir
2019, berhasil dikembangkan kerjasama di rute lain : Asia – Mediterania Timur, Asia – Amrik PNW
+ Asia – Amrik bagian Teluk.
Presiden
& CEO Zim Line, Eli Glickman
menyampaikan bahwa tahun 2019 merupakan tahun perjuangan dimana perang dagang
tak kunjung usai, ditambah lagi berlakunya aturan baru penerapan IMO 2020.
Apapun kedalanya, ya harus tetap
dihadapi. Bisa lolos, bersyukurlah. Jika belum berhasil ya coba lagi.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar