Serunya
dinamika pelayaran gak pernah surut. Ada aja isu yang bikin karyawan deg-deg-plas
akibat isu ini. Pas ada gossip merger ato akuisisi, pasti pada panas dingin
ngedadak, malah nervous juga. Pikiran yang terlintas, mampus deh kena PHK.
Yang berpikir
positif, ada juga, asyiiiik, dapat pesangon, lumayan buat modal. Nah, pilihan
ada di masing-masing individu. Kita sih cuma ngeramein doank, supaya yang
selama ini adem ayem, bisa melototin perkembangan yang ada.
Kabar
terhangat sejak bulan lalu adalah, wacana merger antara 2 (dua) perusahaan
pelayaran besar di daratan Cina, yaitu
Cosco Container Line (Coscon) dan
China Shipping Container Lines (CSCL).
Prediksi Drewry Maritime Research, implikasi merger
Cosco- CSCL gak hanya disektor
keuangan doank, tapi kompetisi antar pelayaran global bakal tambah seru dan
sensi. Singkat kata, merger 2 (dua) pelayaran ini akan memberi efek domino yang
hebat.
Setidaknya,
dampak yang bakal terasa adalah konstelasi aliansi strategis yang beroperasi
saat ini. Cosco adalah anggota dari CKYHE
sedangkan CSCL merupakan salah satu anggota dari aliansi O3 (Ocean 3).
Bukan cuma itu.
Pelayaran Asia akan berlomba-lomba
beradaptasi dengan mengguritanya bisnis Cosco-CSCL di pasar Intra Asia dan sekitarnya. Itu pasti
bakal brasa bingitz. Setidaknya Jepang dan Taiwan yang memiliki beberapa
pelayaran besar dan berpengaruh di aliansi strategis.
Cosco-CSCL
merupakan perusahaan pelayaran di urutan ke-6 dan 7 dunia saat ini.
Bisa dibayangkan konfigurasi yang ditimbulkan setelah merger ini ? Siapa bakal
dihajar dan mana yang akan dicaplok menjadi bursa yang empuk buat
diperdebatkan.
Selama ini,
para pengamat cukup konsisten mempertanyakan, kenapa Tiongkok harus memiliki 2 (dua) perusahaan pelat merah untuk
bersaing di pasar global ? Makanya bila jadi disatukan, dampak finasial lebih
brasa, ditambah lagi persaingan keduanya bakal hilang tetapi menjadi
kekhawatiran lawan.
Di balik
berbagai analisis yang beredar luas saat ini, standar ganda yang diterapkan
oleh pemerintah Tiongkok sulit dipahami oleh masyarakat luas. Tetapi satu yang
jelas, di saat keduanya dihantam kerugian, harus diambil jalan tegas, yaitu : MERGER.
Bagaimana
kelanjutannya, mari kita ikuti terus perjalanannya. Dan bila maujud, akankah
yang lain otomatis akan mengikuti langkah Cosco-CSCL ? Itulah yang bikin industri
pelayaran jadi hingar bingar lagi.
Rujukan
sebelumnya, silahkan baca : JT 110815 : Dalam Wacana, COSCO + CSCL
Merger.
Sumber : Dari
Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar