Pertambahan
kapal gede gak terhindarkan. Sekarang tinggal mengantisipasi momen
over-capacity di tahun 2017 pas kapal-kapal anyar siap dikirim dan
dioperasikan. Tren tahun 2015 dan 2016 diprediksi masih melempem.
Pengiriman
kapal gede tahun ini, menyumbang 2,3
persen dari total kapasitas terpasang hingga saat ini di rute Asia-Eropa (AE) – dibanding periode
yang sama tahun lalu. Tahun ini bakal ada tambahan kapal anyar 50 unit dengan kapasitas antara 13.800 – 20.000 TEUs.
Tahun 2016, akan ada tambahan 37 unit kapal gede, termasuk 13 x 19.00 – 20.000 TEUs, 11 diantaranya bakal dioperasikan oleh
pelayaran Italia-Swiss, Mediterranean
Shipping Co. (MSC) yang kini menduduki posisi ke-2 operator terbesar di
dunia.
Sejumlah
pelayaran sudah membatalkan pelayaran di tahun ini, termasuk Maersk Line-MSC yang kini mengibarkan
bendera “2M”. Januari sudah di-drop
1 servis AE dan September mendatang menyusul 1 servis AE lagi akan dibekukan
akibat lemahnya permintaan.
Total
permintaan pasar justru sebaliknya sedang menurun 3,5 persen. Perlombaan membangun kapal gede sudah menjadi tren,
walau realisasinya baru akan terjadi di tahun 2017, tepatnya untuk kapal 18.000-20.000 TEUs, setidaknya ada 33 unit.
Ehm ehm …
pemiliknya CMA CGM, COSCON, MOL dan OOCL. UASC juga membangun kerajaan
bisnisnya dengan memesan 6 unit Barzan-class
(diberi kode “A-18”). UASC
menyebutnya kapal berkapasitas 18.800
TEUs walau pengamat menyebutnya bisa
memuat hingga 19.870 TEUs. Wooow.
Seperti
diketahui, kapal diatas 15.000 TEUs
belum bisa dioperasikan di semua rute sehingga hanya AE yang bisa menampung
kapal-kapal gede dan potensi untuk merusak harga tetap ada. Perang tarif jadi
taruhan apabila growth pasar tidak mencapai harapan.
Akankah
perlombaan pembangunan kapal tetap berlanjut ? Selama industri pelayaran ada,
berapapun harganya akan tetap ada. “Esa
Hilang, Dua Terbilang”. Selalu ada tempat bagi pelayaran baru dengan
strategi baru pula.
Just wait and
see. Walau masih prediksi, sebaiknya tetap dicermati dengan baik. Tahun 2017
masih jauh tetapi perbaikan di tahun 2016 bisa mempengaruhi prediksi diatas,
kecuali stagnan. Akan ada cerita lain.
Sumber : Dari
Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar