Jumat, 04 September 2015

JT 040915 : Tahun 2017 Puncak Kompetisi Pelayaran Global

Pertambahan kapal gede gak terhindarkan. Sekarang tinggal mengantisipasi momen over-capacity di tahun 2017 pas kapal-kapal anyar siap dikirim dan dioperasikan. Tren tahun 2015 dan 2016 diprediksi masih melempem.

Pengiriman kapal gede tahun ini, menyumbang 2,3 persen dari total kapasitas terpasang hingga saat ini di rute Asia-Eropa (AE) – dibanding periode yang sama tahun lalu. Tahun ini bakal ada tambahan kapal anyar 50 unit dengan kapasitas antara 13.800 – 20.000 TEUs.

Tahun 2016, akan ada tambahan 37 unit kapal gede, termasuk 13 x 19.00 – 20.000 TEUs, 11 diantaranya bakal dioperasikan oleh pelayaran Italia-Swiss, Mediterranean Shipping Co. (MSC) yang kini menduduki posisi ke-2 operator terbesar di dunia.

Sejumlah pelayaran sudah membatalkan pelayaran di tahun ini, termasuk Maersk Line-MSC yang kini mengibarkan bendera “2M”. Januari sudah di-drop 1 servis AE dan September mendatang menyusul 1 servis AE lagi akan dibekukan akibat lemahnya permintaan.

Total permintaan pasar justru sebaliknya sedang menurun 3,5 persen. Perlombaan membangun kapal gede sudah menjadi tren, walau realisasinya baru akan terjadi di tahun 2017, tepatnya untuk kapal 18.000-20.000 TEUs, setidaknya ada 33 unit.

Ehm ehm … pemiliknya CMA CGM, COSCON, MOL dan OOCL. UASC juga membangun kerajaan bisnisnya dengan memesan 6 unit Barzan-class (diberi kode “A-18”). UASC menyebutnya kapal berkapasitas 18.800 TEUs walau pengamat menyebutnya bisa memuat hingga 19.870 TEUs. Wooow.

Seperti diketahui, kapal diatas 15.000 TEUs belum bisa dioperasikan di semua rute sehingga hanya AE yang bisa menampung kapal-kapal gede dan potensi untuk merusak harga tetap ada. Perang tarif jadi taruhan apabila growth pasar tidak mencapai harapan.

Akankah perlombaan pembangunan kapal tetap berlanjut ? Selama industri pelayaran ada, berapapun harganya akan tetap ada. “Esa Hilang, Dua Terbilang”. Selalu ada tempat bagi pelayaran baru dengan strategi baru pula.

Just wait and see. Walau masih prediksi, sebaiknya tetap dicermati dengan baik. Tahun 2017 masih jauh tetapi perbaikan di tahun 2016 bisa mempengaruhi prediksi diatas, kecuali stagnan. Akan ada cerita lain.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar